oleh

Salah Pilih ‘Daleman’ Bisa Bahayakan Kesehatan

Kabar6-Sebelum mengenakan pakaian sehari-hari atau untuk bepergian, kita tentu akan memakai pakaian dalam atau underwear. Namun tahukah Anda, menggunakan pakaian dalam tertentu ternyata dapat berbahaya bagi kesehatan?

Benarkah demikian? Melansir huffpost, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan banyak orang dalam memilih pakaian dalam yang digunakannya. Apa saja kesalahan yang dimaksud?

1. Terlalu ketat
Pakaian dalam yang terlalu ketat dapat menyebabkan gesekan pada kulit, sehingga menimbulkan iritasi pada Miss V, terutama bila Anda sudah memasuki masa menopause. Hal ini karena dinding Miss V cenderung lebih tipis saat seorang wanita sudah memasuki masa menopause.

2. Bertujuan untuk merampingkan bentuk tubuh
Berbagai jenis pakaian dalam yang bertujuan untuk merampingkan bentuk tubuh dapat menyebabkan menurunnya sirkulasi darah ke tubuh bagian bawah dan terjepitnya saraf. Hal ini dapat menyebabkan tubuh bagian bawah Anda mengalami kesemutan atau bahkan mati rasa.

3. Berbahan sintetik dan sutra
Pastikan pakaian dalam Anda, apa pun bahannya, memiliki bahan katun pada bagian Miss V, sehingga area intim Anda dapat ‘bernapas’.

Pastikan Anda menghindari pakaian dalam berbahan sintetik dan sutra karena keduanya tidak dapat membuat kulit dan area intim bernapas, sehingga menjadi lebih lembap. Hal ini akan meningkatkan risiko terjadinya infeksi jamur atau bakteri.

4. G-string
Pakaian dalam berbentuk G-string dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi jamur atau bakteri, karena pakaian dalam ini dapat menghantarkan bakteri dari anus ke kemaluan.

5. Jarang mengganti pakaian dalam
Pria dan wanita yang mudah berkeringat, harus mengganti pakaian dalamnya secara teratur, setidaknya dua kali sehari. Selain itu, segera ganti pakaian dalam Anda setelah berolahraga.

6. Salah Pilih Deterjen
Bingung mengapa area intim Anda terasa gatal tanpa penyebab yang jelas? Hal ini mungkin karena Anda mengalami dermatitis kontak akibat memilih deterjen yang salah.

Area intim merupakan bagian tubuh yang lebih sensitif daripada bagian tubuh lainnya. Jadi, berhati-hatilah dalam memilih deterjen. ** Baca juga: 4 Bakteri yang Sering Sebabkan Keracunan Makanan

Hal yang harus diingat, untuk wanita jangan menggunakan pantyliner yang mengandung pewangi, karena hal ini juga dapat mengiritasi area intim.(ilj/bbs)

Berita Terbaru