oleh

Riset Paparkan 3 Ukuran Kecantikan Wanita

Kabar6-Selama ini ukuran kecantikan seorang wanita berputar pada kriteria fisik seperti kulit bersih, tubuh langsing, hidung mancung, atau mata besar dan sebagainya.

Ya, jarang orang mengatakan bahwa wanita cantik itu adalah memiliki pribadi ramah atau cerdas. Sebuah riset yang dilakukan beberapa waktu lalu dengan melibatkan 1.200 responden, menunjukkan bahwa kebanyakan orang mendefinisikan kecantikan sebagai tampilan fisik.

Riset tersebut, melansir Dailywomen, dibagi menjadi tiga kategori penilaian untuk definisi kecantikan yaitu beauty, brain dan behaviour. Beauty merupakan penilaian secara fisik, brain adalah penilaian berdasarkan kemampuan intelektual, dan behaviour jadi definisi kecantikan melalui penilaian perilaku.

Hasilnya, lebih dari 40 persen mendefiniskan kecantikan berdasarkan kondisi fisik. Dan hanya 14,8 persen mendefinisikan kecantikan berdasarkan kepribadian yang menarik. Sedangkan 9,5 persen menganggap perilaku ramah sebagai cantik.

Sementara kemampuan intelektual sendiri tampaknya tidak terlalu dianggap sebagai salah satu sifat yang menentukan definisi cantik, karena yang menganggap orang cerdas sebagai orang cantik hanya 6,1 persen.

Kategori fisik utama untuk kecantikan adalah kesehatan kulit. Banyak responden yang mendefinisikan kecantikan berdasarkan kualitas kulit seorang wanita.

Sebanyak 41,8 persen responden sepakat bahwa wanita dengan kulit putih bersih adalah wanita cantik, dan 43,1 persen menyebutkan bebas masalah kulit seperti jerawat dan noda hitam adalah bagian utama dari kecantikan seorang wanita.

Selanjutnya, disusul dengan kategori lainnya seperti hidung mancung 5,5 persen dan bentuk tubuh langsing di angka 4,3 persen.

Persepsi masyarakat seputar kulit putih dan bersih disebut sebagai barometer kecantikan wanita, tidak lepas dari iklan produk-produk kosmetik yang mengajak wanita secara tidak langsung untuk mendapatkan kulit putih agar terlihat lebih cantik. ** Baca juga: Hasil Penelitian, Jangan Salah Pilih Pasangan Agar Karier Sukses

Bagaimana ukuran cantik menurut Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru