oleh

Revitalisasi Terminal Pondok Cabe Butuh Rp 104 Milliar

Kabar6-Revitalisasi Terminal Pondok Cabe diprediksi membutuhkan biaya sebesar Rp 104 miliar. Lokasi terminal yang terletak di Jalan Kemiri, Pondok Cabe Udik, Kecamatan Pamulang, itu akan disulap menjadi tipe A.

 

“Diperkirakan dana yang dibutuhkan sebanyak Rp 104 miliar. Pembangunan dilakukan secara multi years atau tahun jamak,” kata Sekretaris Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tangsel, Taryono.

 

Menurutnya, lahan warisan aset dari Pemerintah Kabupaten Tangerang dibangun secara bertahap. Terminal seluas 2,6 hektar tersebut, rencananya akan direvitalisasi total pada 2015.

 

Nantinya, di terminal dibangun tiga terminal dan bangunan utama. Sedangkan untuk terminal 1 dan 3 akan digunakan untuk umum dalam kota yang terdiri dari area Platform dan area emplacement.

 

Sementara untuk terminal 2 difungsikan untuk bus antar kota yang dilengkapi dengan area parkir tunggu dan ruang kru bus AKAP.

 

“Selain itu pada gedung utama akan dilengkapi dengan area pelayanan operasioanal transportasi umum,” terang Taryono. **Baca juga: Pilkada Oleh DPRD, WH: Wajar Sebagai Realitas Politik

 

Tak hanya itu, nantinya akan disediakan area komersil, area pengelola, area service, area connecting antarterminal serta parkir mobil 40 kendaraan dan sepeda motor sebanyak 60 unit.

 

Ditambahkan Taryono, untuk akses menuju Pondok Cabe dari Jalan kemiri, Pondok Cabe akan dilebarkan menjadi 24 meter. Saat ini, jalan tersebut masih dalam tahap pembebasan lahan.

 

“Sekarang lebar jalan hanya 6 meter. Pintu masuk dari jalan raya Ciputat-Parung sudah mumpuni hanya perlu peningkatan infrastruktur saja,” ujarnya.(yud)

Berita Terbaru