oleh

Presiden Direktur Kopsyah BMI: Koperasi Harus Berdayakan Usaha Mikro

Kabar6-Presiden Direktur Kopsyah dan Kopmen BMI, Kamaruddin Batubara mengatakan, koperasi-koperasi di Indonesia harus bersama-sama membangun dan memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Hal itu diungkapkannya saat acara Rapat Anggota Tahunan (RAT), Koperasi Syariah (Kopsyah) dan Koperasi Konsumen (Kopmen) Benteng Mikro Indonesia, di Spring Club Summarecon Serpong, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Selasa (21/1/20).

“Koperasi harus berdayakan usaha mikro. Sudah saatnya kita warga negara Indonesia mengelola bisnis dengan badan humum koperasi, karena dengan koperasi itu ada semangat gotong royong dan kekeluargaan,” ujarnya saat memberikan sambutan.

**Baca juga: Teten Masduki Hadiri Rapat Tahunan Koperasi Syariah dan Konsumen di Pagedangan.

Jadi, lanjut Kamaruddin, kalau koperasi dikelola secara profesional, banyak hal yang bisa dilakukan, contohnya Kopsyah BMI hanya dengan Rp100 ribu perorang, bisa memiliki empat toko bangunan, mini market, grosir dan kafe.

“Jadi dengan semangat gotong royong dan kekeluargaan, koperasi memungkinkan itu, dan tidak ada penguasaan individu dari koperasi, dari koperasi itu one men one vote. Bukan jumlah uang yang menentukan, tetapi kesepakatan dan komitmen apa yang kita lakukan untuk membesarkan koperasi,” pungkasnya. (Ris)

Berita Terbaru