oleh

Perhatikan Waktu Tidur Malam Terbaik

Kabar6-Tidur memainkan peran sangat penting dalam hidup. Ya, tubuh yang kurang istirahat akan merasa kelelahan, menurunkan produktivitas, level stres yang meningkat, hingga berujung pada depresi.

Lantas, agar mendapatkan waktu tidur berkualitas, kapan waktu tidur malam terbaik? Melansir Popbela, tubuh manusia mampu menyesuaikan waktu siang dan malam untuk menentukan pola tidurnya. Jika Anda beraktivitas seperti orang kantoran pada umumnya, berangkat pagi dan pulang sore, maka waktu tidur terbaik berada di antara pukul 22.00 WIB dan waktu bangun keesokan harinya sekira pukul 06.00 WIB.

Namun beberapa ahli bahkan menyarankan untuk memulai tidur pada pukul 20.00 WIB. Jika waktu tidur berkisar antara pukul 20.00-00.00 WIB, maka Anda akan mendapatkan tidur nyenyak dan mimpi indah. Istirahat yang cukup di malam hari juga membuat Anda tidak akan merasa butuh tidur siang setelahnya.

Menurut para ahli, masing-masing orang bisa memiliki jam mulai tidur yang berbeda. Anda bisa membuat waktu tidur yang sesuai dengan rutinitas harian atau kesibukan sehari-hari, selama mencukupi waktu istirahat yang dibutuhkan, yaitu pada orang dewasa adalah 7-9 jam.

Kebiasaan begadang akan memberikan dampak buruk pada kesehatan. Bangun lebih sore dari biasanya juga bisa meningkatkan risiko perilaku bulimia, depresi, dan seasonal affective disorder (SAD).

Salah satu penelitian pada pekerja di Jepang menemukan, tidur terlalu larut memiliki kaitan signifikan dengan prevalensi yang tinggi pada gejala depresi. Sebuah penelitian mengungkapkan, bangun pagi membantu Anda merasa lebih positif dan jadi proaktif.

Memiliki pola tidur yang konsisten sangat penting untuk dilakukan karena dapat mempengaruhi kesehatan mental. Studi lain yang meneliti pola tidur siswa sekolah menemukan, siswa dengan jadwal istirahat di malam yang teratur memiliki prestasi akademik lebih baik, dibandingkan mereka yang tidur tidak teratur.

Namun bila pekerjaan atau kegiatan Anda mengganggu jadwal tidur, bahkan mengurangi waktu istirahat, bisa disiasati dengan meluangkan waktu untuk tidur siang singkat pada jam kerja. Jangan takut tidur terlalu cepat atau terlalu sore, yang terpenting adalah durasi tidur dan menjaga jadwal istirahat reguler. Setelah semuanya kembali normal, benahi kembali waktu tidur tadi.

Orang dewasa pada umumnya membutuhkan delapan jam lamanya tidur. Namun, angka ini bervariasi untuk masing-masing orang. Sebagian dapat merasa cukup dengan tidur selama 6-7 jam, sementara yang lainnya butuh delapan jam. Pada kategori usia anak-anak dan lanjut usia pun berbeda. ** Baca juga: Mahasiswa Alami Kenaikan Berat Badan pada Tahun Pertama Kuliah

Kualitas istirahat yang baik akan membuat Anda selalu semangat menjalani rutinitas harian.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru