oleh

Pemakaian Masker Wajah dalam Jangka Waktu Lama Bisa Sebabkan Jerawat

Kabar6-Belakangan ini, masker menjadi barang yang paling dicari di pasaran. Ya, sebagian warga membutuhkan masker untuk mencegah penularan COVID-19, terutama bagi mereka yang banyak beraktivitas di luar rumah.

Namun di sisi lain, pemakaian masker untuk melindungi dari debu, polusi, hingga virus, diklaim memiliki dampak buruk bagi kulit wajah, terutama pada bagian yang tertutup oleh masker.

Seorang dokter di Tiongkok bernama Zhou Ke Jia, melansir Dreamers, mengungkapkan dampak buruk dari pemakaian masker secara terus menerus. Dikatakan dr. Zhou, pemakaian masker dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kulit wajah menjadi berjerawat. Hal ini karena ketika memakai masker, sirkulasi udara yang dihirup dan dikeluarkan tidak berjalan secara masksimal.

Nah, kondisi tadi membuat temperatur dan kelembapan di area kulit yang tertutupi masker menjadi meningkat, dan dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri.

Selain itu, memakai masker terlalu lama juga dapat meninggalkan bekas pada kulit, sehingga menjadi lebih rentan terluka, dan peredaran darah tidak lancar. ** Baca juga: Membuat Hand Sanitizer Sendiri Tidak Disarankan?

Jadi, masyarakat disarankan untuk tidak secara terus menerus memakai masker, terlebih jika kondisi tubuh sehat dan tidak terlalu memerlukannya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru