oleh

Membuat Hand Sanitizer Sendiri Tidak Disarankan?

Kabar6-Pandemi COVID-19 di satu sisi menciptakan panic buying, yang membuat masyarakat berbondong-bondong memborong bahan makanan, terlebih di sejumlah negara memberlakukan lockdown.

Sementara itu, beberapa produk seperti masker serta hand sanitizer menjadi barang langka, dan dijual dengan harga yang sangat mahal. Karena itulah, tidak sedikit masyarakat yang meracik hand sanitizer sendiri dengan tutorial yang didapat dari internet.

Hand sanitizer DIY (Do It Yourself) rata-rata dibuat dengan komposisi alkohol 70 persen. Meskipun bisa diracik sendiri, melansir DetikHealth, Anda tidak bisa sembarangan dalam membuat hand sanitizer. Harus ada standar dalam membuat hand sanitizer, termasuk komposisi, dan hitungannya. Hal ini untuk menghindari risiko buruk yang akan terjadi.

Anda disarankan untuk tidak sembarangan mencoba membuat hand sanitizer, jika tidak memiliki pengetahuan mengenai hal tersebut, karena dampaknya bisa berbahaya dan berisiko.

Anda yang tidak memiliki pengetahuan mengenai masalah kimia, sebaiknya tidak mencoba membuat hand sanitizer sendiri. ** Baca juga: Mager Saat ‘Work from Home’, Lakukan 5 Gerakan Simpel

Artinya, sebelum membuat hand sanitizer, Anda harus mengerti takaran dan bahan yang aman digunakan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru