oleh

Peneliti Prancis Berhasil Temukan Benang Operasi Terbuat dari Kulit Manusia

Kabar6-Peneliti asal Prancis berhasil membuat benang operasi dari kulit manusia. Benang kulit manusia ini diyakini memiliki banyak manfaat, karena dinilai lebih mampu merekatkan dan memperbaiki organ manusia.

“Benang tekstil kulit manusia ini menawarkan tingkat biokompatibilitas yang unik dan mewakili generasi baru produk rekayasa jaringan biologis sepenuhnya,” demikian tulis peneliti dari University of Bordeaux, Prancis, dalam studi yang baru saja dipublikasikan pada jurnal Acta Biomaterialia.

Benang yang terbuat dari kulit manusia ini, melansir sciencealert, mengembangkan sel kulit. Setelah merekatkan kulit atau organ, benang ini dapat melebur secara biologis. Penggunaan benang dari kulit manusia ini juga meminimalkan efek samping. Benang ini juga tidak menyebabkan reaksi yang merugikan pada tubuh pasien.

“Sebagian besar biomaterial sintetis permanen dianggap asing oleh sistem kekebalan tubuh bawaan, sehingga dapat membuat tubuh bereaksi terhadap benda asing,” tulis peneliti lagi.

Namun, penemuan terbaru dalam dunia medis ini masih membutuhkan sejumlah uji klinis untuk dapat menggunakan benang dari kulit manusia dalam tindakan medis. ** Baca juga: Nikah Saat Lockdown, Pasangan Pengantin Italia Ini Tidak Punya Tamu Undangan

Diketahui, sebelum penemuan benang dari kulit manusia, terdapat studi lain menemukan gel lem dapat melekatkan kulit atau organ tanpa perlu menjahit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru