oleh

Panen Raya Jagung di Tangsel Capai Sembilan Ton

Kabar6-Meski kondisi demografi sebagai daerah perkotaan, Tangerang Selatan (Tangsel) kiranya juga mampu menghasilkan produk tumbuhan monokotil jenis jagung.

 

Tak tanggung-tanggung, jumlah hasil panen jagung dimaksud bahkan bisa mencapai sembilan ton.

 

Fakta di atas terungkap Panen Raya Jagung di Lapangan Kodam Jaya, Pondok Jagung, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangsel.

 

Pada momen itu, tiga kepala daerah se-Tangerang Raya hadir bersama sejumlah perwira tinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

 

“Tanah pertanian yang ada di sini akan kita maksimalkan. Mudah-mudahan berbagai jenis tanaman bisa dihasilkan dengan baik,” kata Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany di lokasi acara, Jumat (22/5/2015).

 

Airin memastikan, bila institusinya akan terus mendorong agar program yang digagas oleh pemerintah bisa berjalan dengan baik.

 

Panen Raya Jagung ini, diakui Airin sebagai bentuk dukungan atas program pemerintah pusat yang fokus pada upaya ketahanan pangan.

 

Ia pun tak menampik bila lahan pertanian yang ada di Kota Tangsel semakin tergerus oleh industri lainnya. Meski begitu, terang Airin, sudah ada langkah antisipasi agar lahan pertanian bisa tetap tersedia.

 

“Kita tidak tinggal diam saja. Tanah yang ada dimasimalkan sambil membatasi lahan pertanian untuk kepentingan komersial,” katanya.

 

Airin bilang, dari lahan seluas sekitar sembilan hektare ini sebanyak 6,5 hektare dikhususkan untuk budidaya tanaman jagung. ** Baca juga: Panwaskada Ngaku Kalah Start dari KPUD Tangsel

 

Tanaman jagung diolah oleh kelompok tani setempat bekerjasama dengan personel TNI Angkatan Darat. Hasilnya nanti dipasarkan di beberapa tempat tak hanya Tangsel saja, tapi juga luar daerah.

 

“Ini juga sebagai pengenalan kalau Tangsel juga punya jagung yang bisa bersaing dengan pelbagai produk lainnya,” tambahnya didampingi Walikota Tangerang Arief Wismansyah dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

 

Pada kesempatan itu juga turut hadir para petinggi TNI-AD diantaranya, Pangdam Jaya Mayjen TNI Agus Sutomo, Kepala Staf Kodam Jaya Brigjen TNI Ibnu Triwidodo, Danjen Kopassus Mayjen TNI Doni Murdano, Danrem 052 Wijayakrama Kolonel Kavaleri Muhammad Zamroni dan lain-lain.(yud)

Berita Terbaru