oleh

Nyaris 85 Persen Pulau Vakkaru di Maladewa Terbentuk dari Kotoran Ikan

Kabar6-Maladewa memang terkenal dengan wisata pantai yang begitu indah, salah satunya adalah Pulau Vakkaru. Namun siapa sangka kalau pulau ini terbentuk dari sesuatu yang mungkin tidak terduga.

Ya, hampir 85 persen pulau Vakkaru terbentuk dari kotoran ikan. Melansir Indozone, kotoran ini dihasilkan oleh Parrotfish atau ikan kakak tua yang memakan karang hingga menjadi bagian-bagian kecil dalam sistem pencernaan ikan.

Pulau-pulau karang di Maladewa sebagian besar terdiri dari endapan dari pulau-pulau lain. Namun, ikan ini jelas berperan di beberapa pulau kecil di Samudra Hindia.

Parrotfish memiliki paruh bertulang yang membantunya untuk memecah karang. ** Baca juga: ‘Operation Double Barrel’ Kebijakan Paling Brutal untuk Lawan Sindikat Narkoba di Filipina

Begitu ikan mencerna bagian kecil karang yang bisa dimakan, ikan itu melepaskan bagian yang tidak bisa dimakan kembali ke dalam air. Bagian-bagian kecil ini sebagian berpasir dan bergabung pada suatu tempat dan akhirnya menumpuk hingga menciptakan pulau-pulau kecil.(ilj/bbs)

Berita Terbaru