oleh

Nutrisi Ini Jadi Asupan yang Minim Dikonsumsi Kebanyakan Orang

Kabar6-Meskipun membutuhkan asupan vitamin dan mineral agar bisa berfungsi maksimal, tubuh tidak bisa menghasilkan seluruh nutrisi tersebut, sehingga perlu mendapat bantuan dari asupan makanan.

Sayangnya, banyak orang masih kurang mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Melansir hellosehat, berikut asupan nutrisi yang masih sering kurang dikonsumsi sebagian besar orang:

1. Zat besi
Zat besi merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi dan memelihara jumlah sel darah merah tetap sehat. Kebutuhan zat besi sangat tinggi, terutama pada remaja wanita dan ibu hamil.

Untuk membantu mengoptimalkan penyerapan zat besi dari sumber makanan nabati seperti bayam, brokoli dan lain-lain, diperlukan juga konsumsi vitamin C yang cukup untuk membantu penyerapannya optimal di dalam tubuh.

2. Asam folat
Asam folat atau juga disebut vitamin B9 dapat membantu tubuh membuat sel darah merah dan menghasilkan DNA. Asam folat merupakan mineral penting yang dibutuhkan ibu hamil untuk perkembangan otak, fungsi sistem saraf, dan sumsum tulang belakang janin.

Kebutuhan asam folat yang tinggi membuat ibu hamil rentan mengalami kekurangan asam folat. Akibatnya, ibu hamil bisa mengalami anemia dan janin yang dikandungnya pun bisa mengalami cacat lahir dan masalah pertumbuhan. Anda bisa mendapatkan asam folat dari kacang-kacangan, buah sitrus (seperti jeruk), sayuran hijau, daging, kerang, dan gandum.

3. Kalsium
Kalsium membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang, sehingga kebutuhan kalsium sangat tinggi pada usia anak-anak sampai remaja. Selain itu, kalsium juga membantu kerja jantung, saraf, dan otot.

Kekurangan kalsium biasanya tidak menunjukkan gejala apa pun, tapi kekurangan kalsium dapat menyebabkan masalah kesehatan serius dari waktu ke waktu. Jika Anda kekurangan mengonsumsi nutrisi makanan sumber kalsium dalam jumlah cukup (rata-rata 1.200 mg per hari), maka tubuh akan mengambil kalsium dari tulang Anda.

Hal ini semakin lama dapat menyebabkan tulang keropos atau osteoporosis. Kekurangan kalsium juga dapat menyebabkan detak jantung menjadi abnomal. Untuk itu, sebaiknya penuhi kebutuhan kalsium Anda, antara lain dari susu, yoghurt, keju, ikan dengan tulang (seperti ikan teri), sayuran hijau, dan sereal.

4. Kurang yodium
Yodium adalah salah satu zat gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk produksi hormon tiroid. Ketika tubuh mengalami kekurangan yodium, maka kelenjar tiroid mengalami pembesaran untuk menangkap yodium sebanyak-banyaknya dari makanan yang masuk ke tubuh. Pembesaran kelenjar tiroid juga dikenal dengan istilah gondok.

Tubuh tidak bisa memproduksi yodium sendiri, sehingga yodium sangat penting didapatkan dari makanan sehari-hari. Yodium bisa ditemukan di berbagai macam makanan, antara lain ikan, rumput laut, susu dan produk susu lainnya, telur, serta udang

5. Kekurangan nutrisi vitamin A
Kekurangan nutrisi jenis vitamin A merupakan penyebab kebutaan utama yang dapat dicegah, terutama pada anak-anak. Jenis kekurangan gizi ini juga menyebabkan gangguan fungsi kekebalan tubuh, metabolisme zat besi yang buruk, dan infeksi saluran pernapasan akut.

Sumber vitamin A dapat diperoleh antara lain dari hati, ikan, minyak ikan, susu yang diperkaya vitamin A, telur, margarin yang diperkaya vitamin A, dan sayuran

6. Kekurangan nutrisi vitamin D
Vitamin D sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang. Bukan hanya itu, vitamin ini juga yang membantu menyerap dan mempertahankan kalsium dan fosfor di dalam tubuh agar dapat membangun tulang yang kuat.

Jika anak kekurangan vitamin D, maka anak berisiko mengalami perkembangan motorik yang tertunda atau terhambat, terjadi kelemahan otot, dan patah tulang. Sumber vitamin D dapat didapatkan dari keju, hati sapi, keju, dan kuning telur

Tidak hanya itu, orang yang lebih menghabiskan sebagian besar waktu mereka di dalam rumah serta sehingga tidak mendapatkan banyak paparan sinar matahari juga berisiko kekurangan vitamin D. ** Baca juga: Sakit Kepala Bisa Timbul Karena Dehidrasi, Begini Cara Membedakannya

Jangan lupa memasukkan enam sumber nutrisi ini dalam menu harian Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru