oleh

Mitologi Jepang Sebut, Gempa Bumi Disebabkan Lele Raksasa

Kabar6-Gempa Bumi disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik, yaitu pergeseran lempeng-lempeng tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar.

Peristiwa gempa bumi banyak menimbulkan kerusakan atau bencana alam, dan getaran yang kuat mampu menjalar ke seluruh bagian Bumi. Gempa bumi tektonik disebabkan oleh pelepasan tenaga yang terjadi karena pergeseran lempengan plat tektonik seperti layaknya gelang karet ditarik dan dilepaskan dengan tiba-tiba.

Namun dalam legenda Jepang, melansir Forbes, gempa Bumi disebabkan karena ada seekor lele raksasa yang hidup di bawah Bumi dan perairan Jepang. Sosok ini bernama Namazu atau Onamazu. Konon, Namazu diturunkan oleh Dewa Guntur Takemikazuchi-no-mikoto.

Meski makhluk ini membuat kehancuran besar, bantuan akan ada di tangan prajurit Takemikazuchi-no-mikoto yaitu Kashima Daimyojin. Kashima memiliki batu khusus yang ia letakkan di atas kepala Namazu agar membatasi gerakannya, sehingga membatasi frekuensi gempa yang terjadi.

Namazu menjadi legenda yang diciptakan karena kepulauan Jepang sering mengalami gempa Bumi periodik dan dahsyat sepanjang sejarah. Ketika ikan lele raksasa ini menggeliat sedikit saja, maka menyebabkan satu atau dua kali gempa Bumi.

Di satu sisi, Namazu dipandang sebagai kekuatan yang membawa kehancuran. Namun di sisi lain, makhluk ini juga disebut memiliki sisi positif. Terlebih di Zaman Edo (1600-1868 M) dengan serangkaian gempa Bumi yang terjadi.

Gempa ini pula berkali-kali mengubah orang-orang kaya menjadi orang miskin, dan memberi orang miskin kesempatan sesaat untuk memperbaiki nasib mereka dalam kekacauan yang terjadi. ** Baca juga: Hiiā€¦Cacing Parasit di Hawaii Bisa Menembus Otak

Sebagian orang percaya, lukisan-lukisan Namazu akan membawa perlindungan dari dewa dan menghindarkan mereka dari gempa Bumi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru