oleh

Studi: Siram Feses Usai BAB Dapat ‘Kirim’ Partikel Kecil yang Mungkin Bawa Virus Corona

Kabar6-Sebuah studi pemodelan komputer baru menunjukkan bagaimana virus Corona dapat menyebar saat seseorang menyiram feses (kotoran).

Disebutkan, menyiram feses usai buang air besar (BAB), dapat mengirim partikel-partikel kecil mengandung feses yang mungkin membawa virus Corona.

Dokter telah menunjukkan bahwa virus Corona dapat hidup dan bereplikasi dalam sistem pencernaan, dan bukti virus telah ditemukan dalam kotoran manusia. Ini dianggap sebagai rute penularan yang sangat mungkin terjadi.

Saat ini, melansir DetikHealth, tim di Universitas Yangzhou, Tiongkok, telah menggunakan pemodelan komputer untuk menunjukkan bagaimana air dari toilet dapat menyembur ke udara setinggi tiga kaki atau kurang dari satu meter.

“Seseorang dapat memperkirakan bahwa kecepatannya akan semakin tinggi ketika toilet sering digunakan, seperti misalnya toilet keluarga yang digunakan bersama atau juga toilet umum,” ungkap Ji-Xiang Wang dari Yangzhou University, yang bekerja pada penelitian ini.

Studi lain juga menemukan penyebab umum muntah dan diare, dapat menyebar melalui toilet flushing atau ketika menyiram feses. Para peneliti menyarankan, sangat mungkin toilet menyebarkan virus Corona. ** Baca juga: Belanja di Pasar Tradisional, Perhatikan Aturan Kesehatan yang Disarankan

“Bukti kontaminasi SARS-CoV-2 atau COVID-19 ditunjukkan dari sampel permukaan dan udara di luar ruang isolasi, dan data awal yang menunjukkan bahwa SARS-CoV-2 dapat hidup di aerosol selama 3 jam, harus meningkatkan kekhawatiran tentang mode transmisi ini dan meminta penelitian tambahan segera,” jelas Carmen McDermott dari Fakultas Kedokteran Universitas Washington dan rekannya menulis pada April di Journal of Hospital Infection.

Para peneliti mengimbau untuk tetap waspada saat memakai toilet. Perlu memastikan permukaan di toilet selalu bersih.(ilj/bbs)

Berita Terbaru