Minyak Zaitun Tidak Boleh Dioleskan pada Jenis Kulit Berminyak?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak sedikit orang yang mengoleskan minyak zaitun pada wajah atau anggota tubuh lainnya, agar kulit menjadi lembap dan sehat. Di sisi lain, sebagian orang yang memiliki kulit berminyak, justru menghindari pemakaian minyak zaitun, dengan alasan dapat membuat kulit semakin berminyak.

Benarkah pendapat tersebut? Melansir Stylecraze, hal ini mungkin saja terjadi. Namun bila Anda menggunakan minyak zaitun yang jelas, tentu kondisi tadi tidak akan terjadi. Artinya, minyak zaitun dapat benar-benar membantu kulit mengurangi produksi minyak berlebih.

Kelenjar sebaceous dari kulit memproduksi sebum berlebih yang mengeluarkan minyak dan membuat kulit tampak mengkilap, berminyak dan kusam. Penyumbatan pori-pori pada kulit yang berminyak dapat menyebabkan terjadinya pertumbuhan bakteri, menimbulkan komedo dan jerawat. Minyak zaitun dikenal mampu untuk melarutkan minyak pada kulit tanpa membuat kulit Anda berminyak atau kering. ** Baca juga: Sejumlah Masalah Kesehatan yang Serang Kulit Kepala 

Minyak zaitun bekerja sebagai pelembap kulit yang cocok untuk semua jenis kulit, bahkan untuk kulit yang paling sensitif. Namun, penting untuk diingat bahwa minyak ini harus digunakan atau dioleskan hanya dalam beberapa menit. Apabila digunakan dalam waktu yang terlalu lama dan penggunaan minyak secara berlebihan dapat menimbulkan jerawat di kulit.(ilj/bbs)