oleh

Kapan Sebaiknya Memasak Menggunakan Minyak Zaitun?

Kabar6-Saat ini banyak orang yang memasak dengan menggunakan minyak zaitun. Meskipun mengandung banyak antioksidan dan lemak tidak jenuh tunggal, minyak zaitun ternyata tidak selalu dapat digunakan saat memasak.

Lantas, bagaimana cara tepat menggunakan minyak zaitun? Melansir eatingwell, saat yang tepat untuk menggunakan minyak zaitun saat Anda menggunakannya sebagai bumbu salad atau saat menumis sayuran dengan api sedang. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk membumbui sayuran rebus, sup, atau roti.

Kapan sebaiknya tidak menggunakan minyak zaitun? Jika Anda memasak menggunakan api besar, maka jangan menggunakan minyak zaitun. Hal ini karena minyak zaitun memiliki ambang asap yang rendah, yang berarti ia lebih mudah berasap jika dipanaskan dibandingkan dengan minyak sayur lainnya.

Saat Anda memanaskan minyak zaitun hingga terlalu panas (berasap), maka berbagai kandungan sehat di dalamnya pun akan menghilang dan justru akan berubah menjadi zat lain yang berbahaya bagi kesehatan Anda. ** Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Diet Rendah Karbohidrat atau Rendah Kalori?

Minyak apa yang sebaiknya digunakan? Minyak kanola, berasal dari biji tanaman kanola, merupakan minyak sayur yang memiliki ambang asap lebih tinggi dibanding minyak zaitun, sehingga dapat digunakan bila Anda ingin memasak dengan suhu tinggi, misalnya untuk memanggang.

Selain itu, minyak kanola juga tidak memiliki rasa khas dan mengandung asam alfa linoleat (asam lemak omega 3), yang baik bagi kesehatan jantung Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru