oleh

Sudah Sehatkah Menu Harian Sarapan Anda?

Kabar6-Sarapan menjadi hal penting karena Anda akan mendapatkan energi yang cukup untuk melewati hari dengan baik. Sebaliknya, apabila salah memilih menu sarapan, Anda justru jadi mengantuk dan tidak produktif.

Lantas, bagaimana memilih menu sarapan yang tepat? Melansir Livestrong, berikut penjelasan tentang sejumlah menu sarapan sehari-hari yang biasa Anda konsumsi:

1. Nasi uduk
Nasi uduk mengandung lemak dari santan, sehingga bila dikonsumsi terlalu banyak bisa mengganggu jantung dan masalah bagi orang-orang yang memiliki masalah maag.

Sebungkus nasi uduk mengandung sekira 450 kalori, bila ditambah dengan telur bisa mencapai 550 kalori, belum lagi bila Anda makan dengan kerupuk dan bumbu kacang yang banyak. Maka asupan kalori Anda di pagi hari sudah berlebihan.

2. Lontong sayur
Kuah lontong sayur sangat berminyak. Karena sebagian besar isi dari kuah lontong sayur adalah santan, kandungan lemak jenuh dalam santan cukup tinggi. Sudah pasti ini tidak baik untuk kesehatan jantung, pembuluh darah dan bisa jadi musuh untuk mereka yang sedang berdiet.

3. Bubur ayam
Semangkuk bubur ayam hanya mengandung sekira 200 kalori. Tetapi jika ditambah dengan sate usus dan sate telur puyuh, tentu saja mengandung kolesterol tinggi. Dan apabila dikonsumsi terus menerus, tidak baik untuk tubuh juga.

Ketiga makanan tadi memang menjadi menu sarapan favorit banyak orang, dan biasanya ditemani segelas teh manis hangat. Jadi, bisa Anda bayangkan berapa banyak kalori yang masuk ke tubuh.

Padahal, kebutuhan kalori sarapan adalah sekira 25 persen dari kebutuhan kalori harian Anda. ** Baca juga: Apa Saja yang Sebaiknya Diperhatikan Saat Anda Susah Tidur Pulas?

Ketimbang mengasup kalori berlebihan, Anda bisa menggantinya dengan menu yang lebih baik antara lain seperti:

a. Satu butir telur rebus dan satu buah pisang
b. Telur berisi sayuran dan roti gandum utuh yang dipanggang
c. Oatmeal dicampur susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan buah-buahan
d. Sereal biji-bijian utuh dicampur susu rendah lemak dan buah-buahan
e. Yoghurt rendah lemak dicampur buah-buahan.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru