Home / Aneka Berita / Sehat / Mengapa Antibiotik dari Dokter Harus Dihabiskan?
Ilustrasi/bbs

Mengapa Antibiotik dari Dokter Harus Dihabiskan?

Kabar6-Antibiotik adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. Antibiotik mampu membunuh bakteri dan mencegah perkembangannya. Tentu saja, tiap infeksi membutuhkan jenis antiobotik yang berbeda-beda.

Konsumsi antibiotik yang tidak sampai habis atau tidak sesuai resep dokter berakibat fatal. Risiko yang mungkin terjadi adalah masalah resistensi antibiotik.

Masalah ini muncul, melansir Okezone, karena bakteri penyebab penyakit tidak bisa lagi dibunuh dengan antibiotik, sehingga bisa mengancam kemampuan tubuh dalam melawan penyakit infeksi. Hal yang harus diketahui, jika jumlah bakteri resisten antibiotik semakin banyak, ragam prosedur medis seperti transplantasi organ, kemoterapi, pengobatan diabetes, dan operasi besar menjadi sangat berisiko.

Berdasar fakta World Health Organization (WHO), diketahui bahwa kasus kematian karena resisten antibiotik ini mencapai 700 ribu jiwa di seluruh dunia per tahunnya. Bahkan diprediksi pada 20150, kasus ini akan menyebabkan kematian hingga 10 juta jiwa per tahunnya. ** Baca juga: Ladies, Pakai Bra Terlalu Ketat Tidak Baik untuk Kesehatan

WHO juga menegaskan bahwa resistensi antimikroba ini sebagai salah satu ancaman terbesar terhadap kesehatan masyarakat global. Hal ini yang kemudian coba diurai oleh para ahli. Di mana mereka mengharapkan masyarakat semakin sadar akan masalah resistensi antibiotik ini.(ilj/bbs)

Check Also

Benarkah Cokelat Memang Baik untuk Kesehatan?

Kabar6-Tidak hanya lezat, cokelat pun bisa meningkatkan mood. Cokelat mengandung sejumlah bahan kimia yang menghambat ...