oleh

4 Alasan Konsumsi Kentang Bantu Turunkan Berat Badan

Kabar6-Kentang merupakan makanan pokok beberapa negara terutama negara-negara yang terletak di kawasan benua Amerika Selatan dan Eropa. Jenis makanan ini dapat dikonsumsi dengan cara memanggang, merebus, menggoreng maupun diolah menjadi aneka makanan ringan.

Pada kentang terkandung zat-zat seperti karbohidrat, fosfor, zat besi, protein, lemak nabati dan kalsium serta mineral-mineral penting lainnya.

Mengolah kentang secara sehat selama lima kali dalam seminggu, diungkapkan sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of the American College of Nutrition, dapat membantu menurunkan berat badan. Dikutip dari Wartakesehatan, berikut adalah empat alasan mengapa kentang dapat membantu menurunkan berat badan:

1. Cegah makan berlebih
Kentang bersifat mengenyangkan sehingga secara otomatis dapat mencegah keinginan untuk mengemil. Makanan ini kaya akan serat dan pati yang dapat memperlambat proses pencernaan karena mengandung 4,3 gram protein.

2. Rendah kalori
Satu porsi sedang kentang mengandung 150 kalori. Meskipun demikian, hal itu tergantung pada cara memasak di mana lebih dianjurkan untuk merebus atau memanggang dibandingkan menggoreng.

3. Sumber energi
Kentang yang mengandung banyak karbohidrat sangat baik untuk dijadikan sumber energi, terutama dalam berolahraga. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Sports Magazine mengungkapkan, karbohidrat dapat meningkatkan performa dalam latihan interval berintensitas tinggi dan marathon. Selain itu, kandungan serat dalam kentang juga dapat menstabilkan tingkat gula darah.

4. Bantu kontrol gula darah
Karbohidrat kompleks dalam kentang dapat mengontrol gula darah sehingga meningkatkan resistensi insulin yang dapat mempermudah penurunan berat badan. Ada baiknya mengganti roti putih dengan kentang jika Anda sedang menjalani program diet. ** Baca juga: Camilan Sehat yang Bikin Jantung Kuat

Menarik, bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru