oleh

Kerangka Pria Berumur 500 Tahun Ditemukan Masih Pakai Sepatu Boots di Inggris

Kabar6-Kerangka seorang pria abad pertengahan dengan sepatu boots ditemukan arkeolog yang menggali situs di sepanjang terowongan Thames Tideway, pipa besar yang dijuluki ‘saluran pembuangan super’ London.

Kerangka tersebut, melansir allthatsinteresting, ditemukan dengan posisi tubuh menghadap ke bawah, lengan kanan di atas kepala, lengan kiri ditekuk ke belakang. Posisi tadi menunjukkan bahwa pria ini tidak disengaja dikubur. Juga tidak mungkin dia akan berbaring dengan sepatu boots kulit yang mahal dan sangat berharga.

Diketahui, kulit adalah komoditas yang mahal di zaman Tudor. Para peneliti yang tergabung dengan perusahaan MOLA Headland menemukan bahwa kematian pria itu terlalu dini.

Pada akhir abad ke-15 dan awal abad ke-16, tepi sungai Thames merupakan tempat berbahaya. Kerangka yang menggunakan boots itu mungkin dulunya adalah seorang nelayan atau pencari sesuatu (misalnya emas) di lumpur.

“Dengan mempelajari sepatu boots, kami dapat memperoleh gambaran menarik tentang kehidupan sehari-hari seorang pria yang hidup 500 tahun lalu,” kata Beth Richardson, dari Museum of London Archaeology (MOLA)

Sepatu boots itu sendiri dibuat dengan sol ekstra dan lumut yang membuatnya melekat lama. Dengan adanya gabungan dua bahan tersebut, pria misterius itu bisa bertahan di medan yang sulit. ** Baca juga: Otak Manusia Bisa Berubah Akibat Kondisi Ekstrem di Kutub Selatan

Kemungkinan besar, pria ini meninggal dunia di usia 35 tahun.(ilj/bbs)

Berita Terbaru