oleh

Dalam Keseharian, Wanita Sering Kekurangan 5 Nutrisi Penting Ini

Kabar6-Pernahkan Anda sering tiba-tiba merasa lemas atau kedinginan? Kondisi tersebut bisa jadi karena Anda kekurangan zat dan nutrisi penting dalam tubuh. Seseorang yang menjalankan gaya hidup sehat saja dapat mengalaminya, apalagi jika pola hidup Anda terbilang tidak teratur.

Saat ini, makanan olahan kadang tidak memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan. Karena itulah, melansir Womantalk, wanita sering kekurangan sejumlah nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Apa saja lima nutrisi penting yang dimaksud?

1. Vitamin D
Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang dan imunitas tubuh. Kekurangan vitamin D terjadi karena kita semakin jarang terekspos sinar matahari. Seseorang yang kekurangan vitamin D ini biasanya tampak dengan gejala nyeri tulang dan otot yang lemah.

Sinar matahari dikenal sebagai sumber vitamin D alami. Usahakan berjemur di bawah sinar matahari selama 15 menit. Sementara sumber makanan yang mengandung vitamin D antara lain adalah lemak ikan, jamur, kuning telur, hati, susu, ikan salmon, dan jus jeruk.

2. Zat besi
Zat besi sangat penting karena berperan dalam produksi hemoglobin yakni zat dalam sel darah merah yang membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda. Wanita sangat rentan kekurangan zat besi karena siklus menstruasi setidaknya sebulan sekali.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia dengan gejala kelelahan ekstrem, lemah, pusing, sesak napas, sakit kepala, serta pucat pada kulit dan di bawah kelopak mata.

Sumber zat besi antara lain daging tanpa lemak, unggas, dan seafood, kacang-kacangan, bayam. Anda juga disarankan mengonsumsi minuman yang kaya vitamin C pada saat yang sama, karena vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati.

3. Kalsium
Kalsium adalah mineral yang sangat penting bagi tubuh karena diperlukan untuk kontraksi pembuluh darah, fungsi otot, transmisi saraf, sekresi hormon, dan tugas vital lainnya.

Sebagian besar kalsium dalam tubuh disimpan dalam tulang dan gigi Anda. Tidak hanya penting untuk kesehatan tulang, seiring bertambahnya usia, wanita juga lebih rentan mengalami osteoporosis (kehilangan kepadatan tulang). Kalsium bekerja bersama dengan vitamin D, untuk membantu membangun tulang yang kuat dan sehat.

Menurut National Institutes of Health (NIH), sebagian besar orang dewasa antara usia 19 dan 70 tahun membutuhkan 1.000 hingga 1.200 miligram kalsium per hari. Sementara sumber kalsium antara lain susu, yoghurt, keju, dan sayuran seperti sawi, kangkung, serta brokoli.

4. Vitamin B12
Vitamin ini penting untuk pembuatan sel darah merah, melancarkan pencernaan, serta meningkatkan fungsi saraf dan kerja otak. Biasanya penganut vegetarian sering mengalami kekurangan vitamin B12.

Nah, kekurangan vitamin B12 umumnya terjadi pada wanita usia tua, meskipun wanita dari segala usia dapat mengalaminya. Jika mengalami kekurangan vitamin B12, biasanya akan muncul gejala seperti kelelahan, lemah, pusing, kulit pucat, dan rasa kebas pada tangan atau kaki.

Sumber vitamin B12 sendiri antara lain ikan, daging, telur, dan produk susu.

5. Magnesium
Magnesium berperan dalam membantu fungsi otak, jantung, dan otot, dan merupakan faktor penting dalam setidaknya 600-800 reaksi enzimatik. Kekurangan magnesium akan mengakibatkan otot menjadi tegang, kejang, mual, migrain, dan kesulitan tidur.

Magnesium juga merupakan mineral penting untuk menyeimbangkan sistem saraf dan mengurangi tingkat stres. Sumber magnesium anara lain sayuran hijau, kacang-kacangan, legume, dan biji-bijian. ** Baca juga: Ketahui Penyebab Umum Orang Miliki Dagu Berlipat

Yuk, penuhi lima nutrisi penting di atas agar Anda selalu sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru