oleh

Jauh dari Bahagia, Lawan Iri Hati dengan Cara Sederhana

Kabar6-Bahagia itu tidak bisa dibeli dengan uang. Meskipun terlihat sederhana, nyatanya tidak semua orang bisa merasa bahagia. Salah satu hal yang menghambat Anda untuk bisa bahagia adalah sifat iri hati.

Karena itulah sebisa mungkin minimalisir atau hilangkan iri hati dalam diri Anda. Bagaimana caranya? Melansir Womantalk, ada cara sederhana yang bisa membantu Anda bahagia. Apa sajakah itu?

1. Kenali kelebihan dalam diri kita
Cara yang paling sulit untuk dilakukan adalah mengenali kelebihan diri kita sendiri. Hal ini terjadi karena kita selalu melihat hal yang lebih baik dari kita.

Coba kenali diri kita sendiri dan buat daftar kelebihan yang ada pada diri Anda sendiri. Saat kita melihat kembali daftar tersebut, setidaknya kita akan lebih mudah menghargai diri sendiri.

2. Penuhi kebutuhan diri sendiri dengan baik
Ketimbang memikirkan kekurangan yang ada pada diri, lebih baik kita memperhatikan kebutuhan diri sendiri baik secara fisik, rohani, psikis, dan mental kita. Misalnya, tidur 7-8 jam setiap hari, makan tiga kali sehari, melakukan aktivitas fisik, atau bila perlu ambil waktu liburan.

Hal yang paling penting adalah Anda bisa merasakan kebahagiaan pada diri sendiri. Sekali-kali memanjakan diri sendiri itu baik untuk kehidupan kita.

3. Berdamai dengan masa lalu
Mungkin rasa iri hati itu timbul karena kejadian di masa lalu. Namun ketika bisa ‘berdamai’ dengan masa lalu, justru kita bisa lebih mudah belajar melihat kekurangan sebagai kelebihan.

4. Berpikir lebih terbuka
Ketika kita melihat orang lain memiliki kelebihan yang membuat iri, mungkin kita hanya melihat bagian ‘kulitnya’. Padahal, sebenarnya mungkin dia mengalami hal yang sama seperti kita, yaitu sama-sama berjuang untuk mencapai impiannya.

Jadi, cobalah berpikir lebih terbuka setiap kali kita melihat kelebihan orang lain dan jangan lupa belajar bersyukur.

5. Kurangi melihat media sosial
Sebuah penelitian berjudul ‘A Tool to Help or Harm? Online Social Media Use and Adult Mental Health in Indonesia’, menemukan bahwa gangguan kesehatan mental akibat memakai media sosial secara berlebihan bisa menimbulkan rasa iri hati, karena pengguna sering membandingkan kehidupannya dengan orang lain di media sosial.

Untuk itulah, kita perlu lebih bijak dalam menggunakan media sosial, caranya dengan mengurangi penggunaan media sosial dan menghindari akun media sosial yang menjadi pemicunya.

Selain itu, perbanyaklah menghabiskan waktu bersama orang-orang yang Anda cintai dan yang memberikan pengaruh positif. ** Baca juga: Apa yang Dialami Tubuh Saat Tidur dalam Kondisi Lapar?

Hal yang bisa membuat bahagia adalah ketika kita bisa bersyukur dengan kondisi kita apa adanya. (ilj/bbs)

Berita Terbaru