oleh

Jangan Biasakan Diri Membuang Sisa Makanan

Kabar6-Selama ini tanpa disadari, mungkin Anda sering membuang sisa makanan yang tak habis dikonsumsi. Ya, harus diakui bahwa sebagian dari kita memang cenderung senang membeli bahan makanan dalam porsi yang lebih banyak.

Salah satu alasannya adalah takut kekurangan persediaan makanan, hingga minim pengetahuan tentang bagaimana membuat masakan sesuai dengan porsi yang pas. Akibatnya, tak hanya makanan matang, banyak pula bahan mentah seperti sayur mayur, buah ataupun daging yang tersimpan di kulkas akhirnya terbuang karena tak sempat dimasak.

Sebuah survei yang dilakukan terhadap 100 responden, melansir Femina, menunjukkan bahwa sekira 64 persen responden seminggu sekali membuang sisa makanan. Sedangkan 19 persen lainnya mengaku hampir tiga hari sekali membuang sisa makanan.

Semenrara itu survei yang dilakukan American Chemistry Council (ACC) mengungkapkan, rumah tangga di Amerika membuang sekira Rp8,5juta. Survei yang dilakukan pada 1.000 orang dewasa ini menunjukkan, sebanyak 76 persen rumah tangga di Amerika Serikat ini masih membuang makanan begitu saja setiap bulannya.

Berdasarkan data yang dilansir oleh Food and Agriculture Oganization (FAO) pada 2011, dalam kurun waktu satu tahun ada sekira 1,3 miliar ton sampah makanan yang dihasilkan manusia di muka Bumi ini.

Itu artinya, sebanyak 1/3 dari makanan yang diproduksi untuk dikonsumsi oleh manusia justru berakhir di tempat sampah. ** Baca juga: Jaga Tubuh Tetap Sehat dengan Kebiasaan yang Tepat

Yuk, mulai biasakan membeli makanan sesuai kebutuhan, dan konsumsi dalam porsi yang wajar alias tidak berlebihan. Dengan begitu, makanan yang Anda beli tidak akan berakhir sia-sia di tempat sampah.(ilj/bbs)

Berita Terbaru