oleh

Ikuti 5 Cara Efektif yang Dapat Dilakukan untuk Perlambat Proses Penuaan

Kabar6-Seiring umur, Anda akan menemukan beberapa garis halus, perubahan warna kulit atau peningkatan berat badan yang merupakan bagian dari proses penuaan.

Meskipun penuaan merupakan bagian dari proses kehidupan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperlambat proses penuaan. Melansir Cheatsheet, ini lima hal yang dapat dilakukan untuk memperlambat proses penuaan:

1. Hindari paparan terik matahari
Memang benar bahwa paparan sinar matahari dapat bermanfaat bagi kesehatan karena akan membantu tubuh membentuk vitamin D, serta penting bagi kesehatan tulang dan gigi.

Namun, sinar matahari juga merupakan penyebab utama terbentuknya kerutan. Jadi, pastikan Anda selalu menggunakan tabir surya setiap hari sebelum keluar rumah.

2. Bijaksana memilih makanan
Meskipun makanan yang Anda konsumsi tidak akan berpengaruh pada usia, namun makanan dapat mempengaruhi usia biologis (seberapa baik tubuh dapat berfungsi) tubuh Anda. Usia biologis tubuh dapat lebih tua atau lebih muda daripada usia Anda yang sebenarnya.

Untuk itu, hindarilah konsumsi berbagai jenis makanan olahan dan perbanyak konsumsi makanan sehat seperti buah, sayuran, dan kacang-kacangan.

3. Cukup tidur
Saat masih muda, Anda mungkin merasa bangga tidak perlu waktu lama untuk tidur. Padahal kebiasaan ini sebenarnya dapat sangat merusak kesehatan Anda.

Selain dapat mempengaruhi daya ingat dan kemampuan berpikir, sebuah penelitian menemukan bahwa kurang tidur juga dapat membuat proses penuaan kulit menjadi lebih cepat.

4. Hindari konsumsi gula
Saat Anda mengonsumsi gula, maka kadar insulin dalam tubuh akan meningkat, yang akan memicu terjadinya proses radang di seluruh tubuh.

Proses radang ini akan menghasilkan suatu enzim yang akan menghancurkan kolagen dan elastin, dua hal yang sangat penting bagi kulit agar tetap sehat dan kenyal. Dengan berkurangnya kandungan kolagen dan elastin, maka kulit pun akan menjadi berkerut dan kendur.

5. Lakukan perawatan kulit
Pastikan Anda selalu membersihkan wajah dan menggunakan pelembap setiap hari, baik pada pagi maupun malam hari, karena kulit akan menjadi semakin kering seiring bertambahnya usia.

Pilihlah krim malam yang mengandung antioksidan, gliserin, asam hialuronat, dan retinol. ** Baca juga: Cara Sehat Makan Sushi

Hidup sehat membantu memperlambat proses penuaan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru