oleh

Cara Sehat Makan Sushi

Kabar6-Sushi adalah makanan Jepang, terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula.

Meskipun bahan-bahan yang digunakan termasuk sehat, mengonsumsi sushi dalam porsi berlebihan pun bisa menyebabkan berat badan bertambah.

Bagaimana solusinya? Melansir Everydayhealth, sebenarnya Anda bisa mengontrol asupan makan dengan memilih mengetahui cara tepat makan sushi. Berikut penjelasannya:

1. Makanan yang dihindari:
a. Tempura
Tempura adalah makanan yang bertepung dan digoreng, sehingga mengandung kalori tinggi dan lemak jenuh.

b. Spicy roll
Makan tuna atau salmon memang diperbolehkan. Tapi yang menjadi masalah adalah bumbu saus mayonais pedas yang apabila dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan kalori tambahan masuk lagi ke tubuh Anda.

c. Kecap asin
Satu sendok makan kecap asin saja sudah memberikan 879 mg sodium. Jumlah ini sudah melebihi kebutuhan sodium harian Anda. Saat makan, kemungkinan Anda akan sering mencelupkan sushi ke kecap asin secara berulang.

Makanan yang sebaiknya dipesan:
a. Salmon roll
Tuna atau salmon dan alpukat. Makanan sederhana dengan yang berisi makanan laut dan alpukat adalah pilihan terbaik, karena tinggi protein mampu mengisi perut dan merupakan lemak sehat, bebas dari kalori tambahan.

b. Salad
Salad mengandung kalori yang lebih rendah, yang akan meningkatkan asupan serat Anda. ** Baca juga: Olahraga Apa yang Sebaiknya Dihindari Saat Sedang Menstruasi?

c. Gelas besar berisi air putih
Saat mengonsumsi kecap asin berlebihan, Anda harus minum air putih yang banyak untuk mengimbangi retensi air nanti.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru