oleh

Hindari Utang, Seorang Pria Amerika Pilih Tinggal di Desa Terpencil

Kabar6-Ada saja cara yang dilakukan seseorang untuk menghindari utang. Salah satunya adalah cara tak biasa yang dilakukan oleh Chaad Hag. Demi menghindari tunggakan biaya kuliah (student debt) yang menjadi salah satu isu utama dalam dunia pendidikan Amerika Serikat, pria asal Amerika Serikat ini memutuskan untuk meninggalkan negaranya dan mengasingkan diri di sebuah desa tengah hutan terpencil di India.

Chaad, seperti kebanyakan orang Amerika lainnya, harus bergantung pada pinjaman mahasiswa untuk membiayai pendidikan di perguruan tinggi. Sayangnya, melansir Odditycentral, pria ini kesulitan mendapatkan pekerjaan setelah berhasil mendapatkan gelar sarjana. Karena itulah, Chaad memutuskan untuk kembali bersekolah demi mendapatkan gelar master. Dengan cara ini, Chaad berharap mendapatkan pekerjaan yang lebih layak.

Pekerjaan pertama Chad adalah menjadi seorang sopir truk dan menyusun roket di sebuah pabrik makanan. Ia juga sempat bekerja sebagai profesor di sebuah universitas, namun gaji yang diterima tidak cukup untuk melunasi pinjaman mahasiswanya yang mencapai Rp304 juta.

Biaya itu harus dicicil sebesar Rp4,5 juta per bulan. Lantaran tidak sanggup membayar utang, Chaad pun memutuskan untuk meninggalkan Amerika Serikat dan menetap di sebuah rumah beton di desa Uchakkada, India. Setiap bulan ia hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp760 ribu untuk membayar uang sewa. Pria itu diketahui menikah dengan seorang wanita yang juga berprofesi sebagai dosen di sebuah perguruan tinggi setempat.

“Saya bisa mengatakan bahwa utang tidak lagi membebani hidup saya seperti yang terjadi di masa lalu,” kata Chaad.
** Baca juga: Bikin Haru, Sebelum Meninggal Kakek Asal Inggris Ini Siapkan 14 Kado Natal untuk Tetangga

Disebutkan, apabila Chaad berniat kembali ke negara asalnya, ia harus melunasi utang yang mungkin jumlahnya jauh lebih besar dari sebelumnya. Hal ini karena bunga yang menumpuk dan denda yang harus dibayarkannya. Waduh…(ilj/bbs)

Berita Terbaru