oleh

Berapa Banyak Langkah per Hari yang Direkomendasikan untuk Kesehatan?

Kabar6-Berjalan kaki adalah cara mudah dan menyenangkan untuk meningkatkan jumlah aktivitas tanpa memerlukan usaha dan energi yang berlebih. Berapa banyak langkah per hari yang direkomendasikan untuk kesehatan? Sebenarnya, Departemen Kesehatan dan Layanan Amerika Serikat tidak memiliki rekomendasi seberapa banyak langkah yang harus kita lakukan per harinya.

Physical Activity Guidelines Amerika Serikat, melansir hellosehat, merekomendasikan agar orang dewasa melakukan 150 menit latihan aerobik per minggu dengan intensitas sedang atau 75 menit latihan aerobik per minggu dengan intensitas tinggi yang diimbangi dengan olahraga lainnya. Untuk memenuhi rekomendasi tersebut, kita perlu berjalan sekira 7.000 sampai 8.000 langkah sehari. Beberapa pakar kesehatan menyatakan bahwa jalan 10 ribu langkah sehari benar-benar akan memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh.

Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang menyebutkan, wanita yang melakukan jalan 10 ribu langkah sehari mampu menurunkan tekanan darah setelah 24 minggu dan meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh mereka.

Meskipun berbagai lembaga kesehatan tidak menyebut angka 10 ribu langkah per hari, mereka tetap menilai bahwa berjalan merupakan kegiatan yang berpotensi meningkatkan kualitas kesehatan seseorang.

Jadi pada dasarnya tidak ada acuan berapa langkah per harinya yang harus kita lakukan. Hanya saja semakin banyak aktivitas yang kita lakukan maka semakin banyak pula manfaat kesehatan yang didapatkan.

Rata-rata orang bisa berjalan antara 3.000 sampai 4.000 langkah per hari. Itu pun bagi mereka yang memang memiliki aktivitas yang memungkinkan untuk bergerak. Untuk mengetahui berapa langkah yang sudah dilakukan setiap hari, kita bisa menggunakan alat pedometer ataupun mengunduh aplikasi tersebut di ponsel. Pedometer adalah alat elektronik yang digunakan untuk menghitung langkah orang yang berjalan ataupun berlari.

Menurut American College of Sports Medicine, hitungan langkah bukanlah ukuran kualitas latihan yang akurat dan tidak boleh dijadikan patokan dari aktivitas fisik seseorang. Jadi gunanya mengetahui langkah berjalan itu agar kita menjadi lebih antusias dan semangat untuk melakukan aktivitas yang membuat aktif bergerak seperti berjalan atau berlari. ** Baca juga: Saat Diet Ada 6 Nutrisi yang Tidak Boleh Diabaikan

Dengan berjalan, kita bisa meningkatkan kebugaran, mengurangi berat badan, mengubah pola hidup agar lebih aktif, serta memulihkan kesehatan atau terapi. Jadi jangan bosan untuk selalu meningkatkan aktivitas sehari-hari dengan selalu aktif bergerak dan diimbangi dengan menerapkan gaya hidup sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru