oleh

Tidak Sekadar Bermain, Hujan-hujanan Ternyata Ada Manfaatnya

Kabar6-Selama ini apabila kita hujan-hujanan, selalu identik dengan sakit atau meriang. Namun tahukah Anda, ternyata berjalan saat hujan atau hujan-hujanan justru baik untuk kesehatan? Apa sajakah manfaat yang dimaksud? Melansir Femalesia, berikut uraiannya:

1. Udara bersih & segar
Sebuah studi MIT yang diterbitkan dalam jurnal ‘Atmospheric Chemistry and Physic’ menunjukkan udara benar-benar bersih selama dan setelah hujan. Alasannya, hujan turun melalui atmoster, hujan memiliki kemampuan untuk menarik ratusan partikel polusi, seperti debu, bakteri, dan sebagainya sebelum menyentuh tanah.

2. Bau hujan memiliki efek menenangkan
Beberapa orang sangat menyukai aroma hujan karena membuat pikiran tenang. Aroma hujan terjadi karena campuran bahan kimia secara alami yang dikeluarkan oleh bakteri yang hidup di tanah.

3. Kelembapan yang baik untuk kulit
Tingkat kelembapan yang tinggi di udara membantu menjaga kulit Anda tetap segar. Ketika air hujan mengenai tubuh Anda, maka kulit akan lebih lembut dan kencang. Selain itu beberapa peneliti juga percaya, ketika tingkat kelembapan 43 persen maka hampir 3/4 partikel virus di udara akan hilang.

4. Berjalan dalam cuaca hujan membakar lebih banyak kalori
Percaya atau tidak, para peneliti Jepang menerbitkan sebuah fakta dalam ‘International Journal Of Sports Medicine’ yang terbukti, ketika seseorang melakukan aktivitas fisik dalam cuaca hujan,itu dapat membakar lebih banyak kalori dan lemak daripada melakukan kegiatan yang sama dalam cuaca biasa.

5. Berjalan saat hujan membantu mental menerima sesuatu
Apabila Anda memiliki suatu masalah, cobalah untuk berjalan di bawah hujan. Berjalan saat hujan ternyata membantu Anda melatih pikiran untuk melepas dan mengendalikan emosional diri. Dengan berjalan ketika hujan, Anda juga dapat menyadari bahwa semua masalah akan berakhir dan berlalu sama seperti hujan. ** Baca juga: Berapa Banyak Langkah per Hari yang Direkomendasikan untuk Kesehatan?

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru