oleh

Hati-hati, Jangan Sembarangan Buang Air Kecil di Kolam Renang

Kabar6-Seringkali karena malas ke toilet, beberapa orang memilih buang air kecil (BAK) dalam kolam saat sedang berenang. Padahal sebuah penelitian menyebutkan, senyawa air seni bercampur klorin berbahaya bagi kesehatan.

Penelitian yang dilakukan ahli kimia bernama Ernest Blatchley dari Purdue University, melansir MailOnline, menyebutkan asam urat dalam urine jika bercampur klorin menghasilkan senyawa yang disebut sianogen klorida (CNCl) dan trichloramine (NCl3). Ketika dihirup dalam volume besar, bahan kimia ini dapat merusak organ internal.

CNCI sangat berbahaya bagi paru-paru, jantung dan sistem saraf pusat. Sedangkan NCl3 kerap dikaitkan dengan cedera paru-paru akut.

Senyawa kimia ini bisa terbentuk bahkan hanya dengan 30 sampai 80 mililiter urin. Hanya dengan 30 ml urine saja sudah bisa membentuk senyawa tersebut.

“Terutama di kolam renang indoor, ada kemungkinan senyawa ini menyebabkan beberapa iritasi,” jelas Blatchley.

Iritasi pada mata yang berakibat mata menjadi merah merupakan salah satunya. Iritasi mata usai berenang bukan disebabkan oleh klorin, melainkan kandungan urine yang bercampur klorin dan air kolam. Mata merah pada perenang sebenarnya merupakan tanda bahwa seseorang telah BAK di kolam.

Chair of the Water Quality and Health Council, Chris Wiant, mengatakan bahwa bau yang Anda cium pada air kolam merupakan campuran dari klorin, urine, keringat dan kotoran dari tubuh perenang. Senyawa kimia ini (bukan klorin) bisa membuat mata menjadi merah dan menimbulkan bau yang menyebabkan pilek dan batuk.

Sementara seorang editor Chemical & Engineering news bernama Lauren Wolf mengatakan, BAK ketika berenang hanya bisa dilakukan ketika berenang di laut.

“Kandungan air dan garam dalam air seni dengan cepat larut dalam air laut. Selain itu air laut juga bebas klorin,” ungkapnya.** Baca juga: Perhatikan Tanda Tubuh Kekurangan Kalori

Wolf menyarankan agar Anda mandi sebelum berenang dan jangan buang air kecil dalam kolam.(ilj/bbs)

Berita Terbaru