oleh

Perhatikan Tanda Tubuh Kekurangan Kalori

Kabar6-Seringkali Anda menyantap makanan dengan kandungan kalori yang berlebih sehingga menyebabkan kenaikan berat badan. Sebaliknya, saat sedang menjalankan diet ekstrem, Anda justru kekurangan asupan kalori.

Meskipun mengurangi kalori adalah bagian penting dari hampir semua program diet, Anda juga jangan sampai kekurangan kalori. Melansir beberapa sumber, berikut beberapa tanda tubuh kekurangan kalori:

1. Merasa kelelahan
Kalori sama dengan energi. Jadi apabila Anda merasa lelah lebih awal dari biasanya, atau jika mengalami kesulitan untuk bangun dari tempat tidur, bahkan setelah delapan jam tidur yang nyenyak, bisa jadi ini adalah indikator lain bahwa Anda tidak memenuhi kalori dasar yang dibutuhkan tubuh.

2. Kehilangan tenaga saat berolahraga
Memiliki kalori yang cukup sangat penting untuk menjalankan rutinitas olahraga. Apabila Anda menyadari telah kehilangan tenaga dengan cepat atau jika Anda berjuang untuk mengangkat beban yang biasanya tidak berkeringat, lihatlah apa yang Anda masukkan ke mulut sebelum dan sesudah memasuki gym.

3. Susah fokus
Ketika Anda mengalami rendah kalori (dan energi), pikiran mungkin terasa ‘berkabut’. Apabila salad yang mengandung 100 kalori, bebas lemak itu tidak membuat Anda fokus di meeting pagi hari, tambahkan beberapa potong daging dada ayam untuk memuaskan perut.

4. Selalu merasa ‘hangry’
Hangry adalah perasaan marah yang timbul karena Anda kurang makan. Apabila Anda secara konsisten lapar dan mudah marah, itu mungkin pertanda bahwa Anda tidak cukup makan.

5. Waktu menstruasi menjadi tidak stabil
Membatasi kalori terlalu banyak dapat menyebabkan perubahan kadar hormon, yang dapat menyebabkan siklus menstruasi Anda menjadi berantakan.

Nutrisi penting untuk fungsi hormon normal, jadi jangan kaget jika tiba-tiba jadwal menstruasi Anda terlewat. Itu mungkin sinyal yang jelas bahwa ada sesuatu yang tidak benar pada asupan kalori Anda. ** Baca juga: Berhenti Sentuh Wajah untuk Cegah Penularan COVID-19 dengan 4 Langkah Mudah

Jadi, cukupkan asupan kalori untuk tubuh, jangan sampai kekurangan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru