oleh

Festival Daging Anjing di Yulin Kembali Digelar, Padahal Pandemi COVID-19 Belum Usai

Kabar6-Pandemi COVId-19 belum juga usai, namun festival daging anjing di Tiongkok telah dibuka sekali lagi. Festival tahunan yang berlangsung 10 hari di kota barat daya Yulin ini biasanya mampu menarik ribuan pengunjung.

Kebanyakan dari mereka membeli anjing yang dipajang dalam kandang. Meski demikian, melansir mirror.co.uk, para aktivis yang menentang perdagangan hewan berharap pengunjung berkurang tahun ini. Pemerintah juga membuat peraturan baru untuk melarang perdagangan hewan liar dan melindung hewa peliharaan.

“Aku benar-benar berharap Yulin akan berubah tidak hanya demi hewan-hewan tapi juga untuk kesehatan dan keamanan penduduknya,” kata Peter Li, spesialis kebijakan Tiongkok dengan Humane Society International, sebuah kelompok hak asasi hewan.

Dikatakan Li, memperbolehkan perkumpulan massa untuk berjual beli dan mengonsumsi daging anjing di pasar yang penuh orang, serta di restoran atas nama festival menimbulkan risiko kesehatan masyarakat yang signifikan.

Diketahui, virus Corona yang diyakini berasal dari kelelawar sebelum mengenai manusia di pasar Kota Wuhan, telah membuat Tiongkok mempertimbangkan kembali hubungannya dengan hewan, dan mereka berjanji untuk melarang perdagangan hewan liar.

Pada April lalu, Shenzen menjadi kota pertama di Tiongkok yang melarang konsumsi anjing, dan kota lainnya diharapkan mengikuti.

Kementerian Pertanian juga memutuskan untuk mengklasifikasi anjing sebagai hewan peliharaan daripada bahan makanan, meski masih belum jelas bagaimana klasifikasi ulang itu akan mempengaruhi perdagangan Yulin.

Sementara aktivits hak asasi hewan bernama Zhang Qiangqian yang berada di Yulin beberapa waktu mengatakan, hanya tinggal menunggu waktu hingga festival daging anjing dilarang.

Pekan lalu, anak-anak anjing yang akan dipotong dalam festival tersebut berhasil diselamatkan. Para aktivis menyelamatkan 10 anak anjing agar tidak direbus dan dijual dagingnya. ** Baca juga: Ilmuwan Tunjukkan Lokasi di Bumi dengan Udara Paling Bersih

Dan anak-anak anjing itu dikirim ke penampungan agar mereka lebih aman.(ilj/bbs)

Berita Terbaru