oleh

Fakta Menarik Tentang Wanita Zaman Dulu

Kabar6-Apa yang terjadi pada wanita zaman dulu tentu saja akan berbeda dengan yang dirasakan wanita zaman sekarang. Termasuk juga mengenai hak, kewajiban, perlindungan hukum maupun status kaum hawa dalam masyarakat. Apa saja sih fakta menarik tentang wanita zaman dulu? Dikutip dari berbagai sumber, ini dia lima fakta yang dimaksud:

1. Hak cerai wanita
Pada zaman Yunani kuno, para wanita kesulitan untuk mendapatkan haknya, misalnya saat ingin bercerai. Mereka membutuhkan perwakilan seorang pria untuk mengurusi proses cerai tersebut. Sebaliknya jika pria ingin bercerai, mereka cukup mengusir sang istri dari rumah.

2. Mainan boneka
Pada era Kerajaan Romawi, perempuan yang baru baru menginjak usia 12 tahun sudah menikah. Meski memiliki masa kanak-kanak yang singkat, mereka ternyata mempunyai boneka untuk dimainkan.

Boneka mainan era Romawi terbuat dari kayu dan ditemukan di dalam peti gadis bernama Crepereia Tryphaena. Tak hanya boneka polosan, ditemukan pula satu set baju untuk boneka kayu tersebut.

3. Kedudukan wanita di Mesir
Di Mesir seorang wanita bisa memiliki kedudukan yang cukup tinggi atau God’s Wife of Amun. Istilah tersebut merupakan gelar kehormatan bagi wanita yang mendampingi pendeta tinggi dalam upacara keagamaan. Seorang wanita memang tidak hanya bekerja sebagai ibu rumah tangga saja, karena banyak yang memilih menjadi musisi, penari, dan lain sebagainya.

4. Pendidikan
Wanita di era Romawi memang diajarkan pendidikan dasar seperti membaca dan menulis. Namun ada juga keluarga yang mendatangkan guru privat untuk mengajari anak mereka berbagai ilmu pengetahuan seperti tata bahasa dan filsafat. Mereka berpendapat bahwa seorang wanita yang memiliki pendidikan tinggi akan menjadi pendamping yang menarik bagi suaminya kelak.

5. Boleh memilih suami
Di India zaman dulu, justru wanitalah yang lebih cenderung memilih suami. Pada saat itu wanita bebas memilih suami yang mereka inginkan, bahkan bebas menentukan kapan akan menikah. ** Baca juga: Gila, Gelas Wine yang Terbuat Dari Keju Ini Dijual Seharga Rp67,7 Juta

Bagaimana dengan wanita zaman sekarang? (ilj/bbs)

Berita Terbaru