oleh

Dua Jam Internet Bandara Soekarno-Hatta Gangguan, Imigrasi Klaim Penumpukan Teratasi

Kabar6-Jaringan internet di Bandara Soekarno-Hatta mengalami gangguan sejak pukul 11.59 hingga 14.27 WIB, pada Jumat (20/5/2022). Akibatnya berdampak pada sistem pemeriksaan penumpang di Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta hingga penumpukan penumpang.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno-Hatta Muhammad Tito Andrianto mengakui terjadi penumpukan penumpang di gate Imigrasi dampak dari gangguan jaringan internet di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ini.

“Gangguan jaringan terjadi sejak pukul 11.59 hingga 14.27 WIB. Penumpukan penumpang ada tapi bisa teratasi,” ujar Tito dalam keterangan persnya.

Tito menjelaskan dalam mengurai penumpukan penumpang tersebut, petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta melakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian dengan cara skip aplikasi.

“Antrean tetap berjalan dengan menggunakan skip aplikasi secara manual,” jelasnya.

Permasalahan jaringan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, kata Tito, menyebabkan sistem Border Control Management tidak terhubung. Hal ini menyebabkan gangguan pada Aplikasi Pemeriksaan Keimigrasian (APK).

“Indikator dan keterangan pada setting jaringan memperlihatkan tanda berwarna orange dan tidak terhubung,” katanya.

**Baca juga: Wali Kota Tangerang Ajak Pengusaha Kolaborasi Genjot Ekonomi

Tito mengungkapkan Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta telah mengambil langkah preventif dalam mengatasi masalah ini yaitu, pada pukul 12.22 WIB.

Petugas konter melakukan skip aplikasi perlintasan terhadap warga negara Indonesia serta mendokumentasikan paspor dan mencatat daftar penumpang. Adapun untuk Warga Negara Asing dilakukan pemeriksaan menggunakan mobile unit. (Oke)