oleh

Dokter di Inggris Ganti Ibu Jari Tangan Pasien yang Putus dengan Jempol Kaki

Kabar6-Apes benar nasib David Lee. Pria asal Inggris yang berprofesi sebagai tukang sepatu ini secara tidak sengaja melukai ibu jarinya saat sedang memperbaiki sebuah sepatu.

Akibatnya, melansir Livescience, ibu jarinya terpotong dan tak bersisa. “Aku tahu itu sangat buruk dan aku sangat khawatir tak bisa memperbaiki sepatu lagi. Aku tidak berhenti menangis memikirkan nanti aku kehilangan pekerjaanku,” kata Lee.

Pria itu pun dirujuk ke Rumah Sakit Royal Derby, Inggris, dan mujur bagi Lee karena masih ada secercah harapan dapat mengganti ibu jarinya, asal bersedia merelakan jempol kakinya dalam operasi yang disebut ‘toe-to-tumb reconstruction’.

“Ada banyak cara untuk merekonstruksi ibu jari, tapi menggunakan jempol kaki memberikan manfaat fungsional dan kosmetik terbaik,” jelas Jill Arrowsmith, salah satu ahli bedah yang menangani Lee.

Biasanya, prosedur ini ditawarkan hanya kepada mereka yang kehilangan sebagian ibu jari, terutama jika kerusakannya hingga ke buku jari. ** Baca juga: Demi Pecahkan Rekor Dunia, Pria Belgia Ini Rela Duduk Selama 165 Jam di Toilet

Dalam laporan yang dirilis pada 2010 dalam Journal of Hand and Microsurgery, jari kaki berfungsi sebagai pengganti paling sempurna untuk jari tangan karena memiliki struktur dan rentang gerakan yang sama. Jari kaki juga memiliki kulit dan kuku yang sama untuk menjepit, seperti halnya jari tangan.

Lee menjalani prosedur tersebut, dan operasi memakan waktu kurang lebih 10 jam. “Sekarang, setahun kemudian, aku kembali bekerja dan melakukan apa yang aku sukai,” kata Lee.

Senangnya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru