oleh

Dokter di India Sukses Angkat 206 Batu Ginjal dari Seorang Pasien

Kabar6-Tim dokter Rumah Sakit Global Aware Gleneagles di Negara Bagian Hyderabad, India, berhasil mengangkat sebanyak 206 batu ginjal dari tubuh seorang pasien berusia 56 tahun yang tak diungkap identitasnya.

Dr Veeramalla Ramalakshmaiah yang melakukan operasi, melansir Timesnownews, mengatakan bahwa pasien mengalami sakit parah di bagian kiri perut selama enam bulan terakhir. Karena rasa sakit yang parah, dia tidak dapat melakukan rutinitas sehari-harinya, ditambah kenaikan suhu saat musim panas.

Sementara itu, Dr Poola Naveen Kumar, spesialis urologi, menerangkan pasien tersebut sudah mendapat konseling dan siap menjalani operasi lubang kunci yang berlangsung hanya satu jam.

“Semua batu ginjal di kiri diangkat, jumlahnya 206,” terang Dr Kumar. ** Baca juga: Seekor Domba Dipenjara Tiga Tahun Karena Bunuh Wanita Lansia di Sudan Selatan

Kondisi pasien pascaoperasi cepat pulih, bahkan diperbolehkan pulang keesokan harinya. Soal rasa sakit yang dialami pasien sebelum operasi, Dr Kumar menjelaskan cuaca kering, hangat, dan lembap menimbulkan nyeri pada ginjal karena dehidrasi.

Dilanjutkan Dr Kumar, secara global kasus batu ginjal semakin umum ditemui di musim panas ketimbang musim dingin. Pada 2010, dokter dari Negara Bagian Maharashtra, India, mengeluarkan 172.155 batu ginjal dari bagian kiri seorang pria. Itu merupakan rekor jumlah batu ginjal terbanyak yang diambil dari seorang pasien.(ilj/bbs)