oleh

Disdukcapil Lebak Jemput Bola, 2.183 Warga Baduy Lakukan Perekaman e-KTP

Kabar6-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lebak membuka pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) dengan cara jemput bola.

Jemput bola menjadi salah satu upaya dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat hingga ke tingkat desa yang digelar di Kampung Cijahe, Desa Keboncau, Kecamatan Bojongmanik, pada Sabtu (28/8/2021), menyasar warga suku Badui dan sekitarnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Disdukcapil Lebak Ahmad Najiyullah, sebanyak 2.183 warga Badui telah melakukan perekaman e-KTP.

“Kami menargetkan 2.183 warga Badui yang rekam KTP, semua terakomodir,” kata Naji kepada wartawan, Minggu (29/8).

Naji menuturkan, total warga Badui yang sudah wajib KTP sebanyak 7 ribu lebih. Sebanyak 5.113 jiwa telah terdaftar di Disdukcapil.

“nah (2.183) ini merupakan sisa dari warga Badui yang wajib KTP. Hari itu juga, setelah di rekam mereka langsung mendapatkan KTP-nya,” ucap Naji.

**Baca juga: Petugas Damkar Lebak Evakuasi Ular King Cobra 2 Meter di Perumahan Citra Maja Raya

Berbeda dengan warga pada umumnya, pada kolom agama di KTP warga Badui tertulis penganut Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Kolong agama itu bukan keinginan warga Badui, mereka sebelumnya menginginkan sunda wiwitan. Namun, setelah keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) keluarlah kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” terang Naji.(Nda)

Berita Terbaru