oleh

Deteksi Kanker Serviks, Puskesmas Ketapang Gelar Gebyar IVA Test

Kabar6-Sebagai upaya mendeteksi sejak dini gejala kanker serviks. Puskesmas Ketapang menggelar Gebyar Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test, Jumat (9/12/2022).

Kepala Puskesmas Ketapang, Muhammad Ilham mengatakan kegiatan ini rutin digelar setahun dua kali. Selain itu, pemeriksaan IVA Test juga dapat dilakukan pada hari Jumat lainnya.

“Kegiatan Gebyar IVA test ini merupakan deteksi sejak dini kanker serviks, selain itu juga kita lakukan test SADARI untuk deteksi kanker pada payudara. Kegiatan ini merupakan program Puskesmas Ketapang yang dilakukan selama setahun dua kali. Namun kami juga membuka setiap hari Jum’at dan Sabtu,” ujarnya.

**Baca Juga: Puluhan Penyintas Hemofilia dan Kanker Disuntik Vaksin di RSUD Kabupaten Tangerang

Kegiatan ini menyasar pada wanita yang sudah pernah berhubungan suami istri, dimana tim Puskesmas Ketapang sebelumnya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui Posyandu diwilayah Ketapang dan Cipondoh Indah.

“Kami melakukan sosialisasi kepada masyarakat di dua kelurahan yaitu Ketapang dan Cipondoh Indah, agar mereka mau untuk melakukan IVA Test. Dan tentunya kami juga mengedukasi masyarakat untuk menjaga PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat), mengurangi konsumsi makanan siap saji, serta penggunaan bahan kimia di area organ vital wanita,” ujar Penanggung Jawab KIA, Bidan Rukiati.

Rangkaian kegiatan juga diadakan edukasi bagaimana cara periksa payudara sendiri untuk mengetahui gejala kanker pada payudara. Sehingga kegiatan ini dimanfaatkan sejumlah warga untuk mengecek kesehatan leher rahim dan payudara secara gratis. Seperti yang dilakukan Juriah, dirinya mengaku rutin memeriksakan kesehatan melalui IVA Test disini.

“Saya dapat informasi tentang IVA test dari tetangga, bahwa ada pemeriksaan test IVA. Karena memang saya selalu rutin mengecek kesehatan seperti IVA test ini, untuk itu saya mau periksa IVA, semoga hasilnya baik, ” ucap Juriah, warga sekitar.

Diketahui, belum ditemukan warga yang terdeteksi kanker serviks selama tahun 2022 di Puskesmas Ketapang. Diharapkan masyarakat agar sejak dini sadar pentingnya pemeriksaan IVA Test di layanan kesehatan disekitarnya. (Oke)

Print Friendly, PDF & Email