oleh

Dekorasi Rumah Ternyata Bisa Jadi Pemicu Stres

Kabar6-Ada banyak hal yang bisa menyebabkan stres, antara lain seperti pekerjaan, faktor ekonomi, atau cinta yang kandas. Namun, ada satu pemicu stres yang mungkin tidak disadari, yaitu dekorasi di rumah Anda.

“Rumah yang berantakan memberi tekanan yang tidak perlu pada pikiran kita,” kata Amber Dunford, seorang pakar psikologi desain. Lantas, dekorasi seperti apa saja yang bisa jadi pemicu stres? Melansir womantalk, berikut penjelasannya:

1. Tidak cukup cahaya
Cahaya tidak hanya dapat mengubah suasana ruangan, tetapi juga dapat memengaruhi suasana hati Anda. Menurut Amber, penting untuk memilih jenis lampu yang tepat.
“Cahaya alami membantu Anda mengatur dan mengangkat suasana hati. Jadi, tidak cukup cahaya dapat berdampak negatif pada seseorang,” katanya.

2. Terlalu banyak warna
Faktanya, warna-warna cerah yang melimpah dapat mengubah Anda menjadi stres. Beberapa warna yang kontras memang sangat bagus untuk menciptakan efek semangat pada manusia, tetapi kombinasi yang terlalu banyak dalam satu rumah akan menyebabkan kecemasan dan stres.

Namun bukan berarti Anda harus benar-benar menghilangkannya dari ruangan. Sebagai gantinya, gunakan warna cerah hanya dalam jumlah sedang.

3. Tidak cukup variasi
Jika warna-warna ‘berani’ terlalu membuat stres, lebih baik memilih warna putih bersih. Percaya atau tidak, terlalu banyak warna putih dapat mengubah rumah Anda menjadi tempat yang penuh tekanan.

Amber menyarankan untuk memilih warna krem sebagai alternatif warna yang tidak terlalu menimbulkan stres dan tidak menuntut perawatan obsesif sebagai cat putih.

4. Cetakan dan pola yang bertabrakan
“Terlalu banyak cetakan dan pola, terutama dengan ukuran yang sangat bervariasi dan bertabrakan atau menampilkan terlalu banyak warna kontras, nyatanya juga dapat mengacaukan mental Anda dan bisa menjadi pemicu stres,” terang Amber.

5. Terlalu berantakan
Rumah yang terlalu berantakan membuat Anda merasa tegang dan membutuhkan lebih banyak perhatian mental. Dijelaskan Amber, manusia cenderung lebih fokus pada tumpukan dokumen atau mainan, karena otak tidak dapat secara mental mengatur kekacauan tersebut.

Cara mengatasinya adalah dengan menyimpan barang-barang Anda dalam wadah dan keranjang. Dengan begitu, Anda tidak akan terlalu memikirkan tentang kekacauan yang bisa menjadi pemicu stres, dan lebih banyak memikirkan hal-hal penting dalam hidup. ** Baca juga: Jaga Kesehatan Mata dengan 10 Makanan Bergizi

Yuk, tata ulang kembali dekorasi dalam rumah Anda agar terasa lebih nyaman dan jauh dari stres.(ilj/bbs)

Berita Terbaru