oleh

BPBD Lebak Imbau Warga Waspadai Cuaca Ekstrem dan Gelombang Tinggi

Kabar6-Cuaca ekstrem dan gelombang tinggi diprediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) diprediksi masih akan terjadi pada bulan Maret di wilayah Kabupaten Lebak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Kaprawi mengimbau, masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir pantai, bantaran sungai dan perbukitan senantiasa waspada.

“Kami minta warga selalu waspada karena informasi BMKG, cuaca ekstrem dan gelombang tinggi masih berpotensi terjadi di Lebak,” ujar Kaprawi.

Wilayah rawan longsor di kabupaten terluas di Provinsi Banten ini berada di 12 kecamatan dan 16 kecamatan lainnya rawan banjir. Selain waspada, Kaprawi mengajak masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan.

“Salah satu upaya kita bersama mencegah terjadinya bencana dengan menjaga kelestarian alam,” katanya.**Baca juga: Penerapan Sistem Online, Baru 16 Desa di Lebak Ajukan Dana Desa.

Pasca bencana banjir dan longsor yang melanda 6 kecamatan pada 1 Januari 2020 lalu, penanaman vetiver atau akar wangi di lahan kritis terus dilakukan masyarakat bersama relawan, TNI dan Polri di wilayah Lebakgedong.

“Kita semua berharap program penanaman ini bisa mencegah tanah longsor di samping kita juga harus berkomitmen bersama menjaga kelestarian lingkungan,” harapnya.(Nda)

Berita Terbaru