oleh

Bagaimana Cara Aman Hindari COVID-19 Saat Gunakan Kosmetik?

Kabar6-Saat beraktivitas di luar rumah, sebagian besar wanita tetap menjalankan ‘ritual’ kecantikan, antara lain dengan memakai kosmetik atau make up, di samping menerapkan sejumlah protokol kesehatan yang harus dipatuhi selama new normal.

Seperti diketahui, virus SARS-COV2 penyebab infeksi COVID-19 dapat hidup di beberapa jenis permukaan selama kurun waktu tertentu. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan The New England Journal Of Medicine pada April 2020, virus SARS-COV2 hidup lebih lama di permukaan plastik dan logam stainless.

Pada plastik, virus bertahan hidup hingga 72 jam setelah paparan. Sementara itu, pada logam stainless virus bertahan hidup selama 48 jam. Sesuai pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penularan virus SARS-COV2 terutama terjadi melalui droplet, yaitu percikan yang keluar dari mulut bila seseorang batuk, bersin, atau bicara.

Droplet, baik makro maupun mikro, yang mengandung virus dapat menyebabkan seseorang tertular bila berkontak dengan area wajah, terutama hidung, mata, dan mulut. Nah, penggunaan kosmetik banyak ditujukan pada area mata dan bibir, serta wadah kosmetik umumnya berbahan plastik.

Karena itulah, Anda perlu lebih berhati-hati saat berdandan di masa new normal. Kebersihan harus diutamakan dalam kegiatan merias diri. Melansir Femina, ada sejumlah tips berdandan aman di masa new normal.

Pertama Anda wajib cuci tangan sebelum menggunakan kosmetik. Bila memungkinkan, gantilah kosmetik kita dengan set yang baru bila sudah lama tidak digunakan selama masa work from home (WFH) kurang lebih selama hampir tiga bulan. Namun bila tidak memungkinkan, buanglah lapisan teratas kosmetik sebelum mulai digunakan kembali.

Aplikasikan kosmetik saat di rumah sebelum bepergian. Hindari mengaplikasikan kosmetik di area publik, karena ada risiko droplet mikro di udara yang dapat menempel di permukaan kosmetik kita.

Jangan meminjamkan kosmetik milik kita dan jangan meminjam kosmetik milik orang lain selama masa pandemi ini. Kita tidak bisa mengetahui apabila seseorang tersebut ternyata orang tanpa gejala (OTG).

Jangan lupa bersihkan wadah kosmetik secara rutin menggunakan sabun ataupun bahan antiseptik lainnya, bila perlu setiap hari. Selalu gunakan kosmetik saat wajah bersih. Hindari mengoreksi kosmetik saat kita di luar rumah dan tidak bisa membersihkan muka terlebih dahulu.

Bila kita terindikasi terkena infeksi COVID-19, hentikan penggunaan kosmetik. Dann, kosmetik dapat kembali digunakan setelah melewati masa hidup virus yang telah kita ketahui. Sebagian orang merasa lebih aman dengan membuang kosmetik lama dan menggantinya dengan yang baru setelah sembuh.

Kemudian, cucilah kuas dan spons yang kita gunakan secara berkala untuk menjaga kebersihannya. Gunakan kosmetik sesuai rentang waktu suatu produk bisa digunakan (shelf-life) seperti yang dianjurkan oleh produsen, biasanya berkisar 3-6 bulan. ** Baca juga: Benarkah Ngemil Bikin Gemuk Hanya Mitos Belaka?

Berdandan aman di masa new normal mungkin sedikit lebih merepotkan dibandingkan biasanya. Namun aturan ini memang wajib diterapkan demi menghindari penularan COVID-19, sekaligus menjaga tubuh tetap sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru