oleh

Atasi Lelah dengan Konsumsi 6 Makanan Sehat yang Bikin Bugar

Kabar6-Aktivitas harian yang padat tentu saja akan membuat tubuh terasa lelah dan terkadang menjadi kurang bugar. Salah satu hal yang biasanya dilakukan untuk menjadi fit kembali adalah dengan berolahraga.

Nyatanya, olahraga bukanlah satu-satunya cara untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Ada cara lain yang lebih praktis, sebagaimana dilansir Boldsky, untuk menjaga kebugaran tubuh, yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi tinggi. Berikut adalah enam jenis makanan sehat yang dapat membantu mengatasi lelah dan membuat tubuh bugar:

1. Kacang panjang
Mengonsumsi kacang panjang ternyata ampuh menjaga kebugaran tubuh, karena mengandung karbohidrat kompleks, protein, mineral seperti potasium, dan fosfor yang mampu menutrisi tubuh. Sebaiknya, konsumsi kacang panjang yang direbus saat makan siang atau makan malam.

2. Biji labu
Biji labu mengandung omega 3 dan vitamin yang ampuh mengatasi kelelahan. Selain itu, kandungan asam amino dalam biji labu mampu membantu meredakan stres dan membuat tidur lebih nyenyak. Sebaiknya konsumsilah biji labu yang telah dipanggang atau direbus sebagai camilan.

3. Teh hijau
Selain dipercaya dapat melangsingkan tubuh, teh hijau ternyata mampu mengatasi kelelahan. Kandungan polifenol dalam teh hijau dipercaya mampu meredakan stres dan meningkatkan energi. Teh hijau juga mampu meningkatkan metabolisme yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sebaiknya, konsumsilah satu gelas teh hijau setiap pagi, sesaat setelah bangun tidur.

4. Yoghurt
Yoghurt merupakan salah satu makanan yang cepat diserap tubuh guna menghasilkan energi. Makanan itu kaya karbohidrat dan protein yang dapat membantu mengatasi kelelahan pada tubuh. Selain itu, yoghurt mengandung probiotik yang bagus untuk sistem pencernaan. Konsumsilah satu gelas yoghurt setiap pagi agar tetap bugar sepanjang hari.

5. Pisang
Pisang adalah salah satu jenis buah terbaik yang mampu menjaga kebugaran tubuh. Kandungan potasium pada buah pisang mampu mengubah gula menjadi energi. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin B, C, serat, karbohidrat, omega 3, dan lemak nabati yang mengurangi risiko dehidrasi pada tubuh. Sebaiknya, makanlah satu buah pisang saat makan malam setiap hari.

6. Sereal
Mengonsumsi sereal saat sarapan sangatlah dianjurkan. Karbohidrat yang terkandung dalam sereal mampu menutrisi tubuh sepanjang hari. Sereal juga mengandung protein dan mineral yang diperlukan untuk menambah konsentrasi otak. ** Baca juga: Begini Cara Agar Tetap Sehat di Tempat Kerja

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru