oleh

Apa Saja Penyebab Kaki Sering Mendadak Dingin?

Kabar6-Pernahkah Anda mengalami bagian kaki yang mendadak dingin, meskipun sudah memakai kaos kaki? Mengapa hal ini bisa terjadi, dan apa penyebabnya?

Banyak orang yang mengalami hal tersebut, dan menganggap hal itu karena hawa dingin saja. Biasanya kaki sering mendadak dingin bukanlah pertanda penyakit serius, tetapi Anda tetap perlu tahu apa saja penyebabnya. Melansir Womantalk, berikut penjelasannya:

1. Sirkulasi yang buruk
Sirkulasi darah adalah kunci untuk meregulasikan suhu tubuh. Sirkulasi yang buruk bisa disebabkan oleh beberapa kondisi seperti anemia atau penyakit jantung, atau yang tidak begitu mengerikan seperti kurang olahraga. Jika Anda seharian duduk di meja, sangat mungkin kaki Anda menjadi dingin.

2. Takut dan stres tingkat tinggi
Saat sistem saraf terpicu oleh stres dan rasa takut dan memicu respons fight or flight, darah akan dialihkan ke organ vital dibanding sirkulasi ke ujung-ujung tubuh.

3. Isu metabolisme
Bisa jadi Anda memiliki hypothyroidism. Hormon thyroid mengontrol metabolisme dan suhu tubuh, sirkulasi hormon thyroid yang tidak cukup bisa membuat kaki Anda dingin.

Diabetes juga bisa menjadi penyebabnya karena pengidap diabetes bisa memiliki neuropathy yang mengganggu jalan sensori pada kaki dan tangan dan membuatnya dingin, sakit, atau menggelitik.

4. Alkohol
Alkohol adalah salah satu hal yang bisa memengaruhi tubuh kita dalam meregulasikan suhu melalui berbagai mekanisme, termasuk meningkatkan kehilangan panas di dalam tubuh.

5. Fenomena Raynaud
Fenomena Raynaud adalah kondisi yang bisa terjadi dengan sendirinya atau bersama kelainan autoimun lainnya, seperti lupus atau rheumatoid arthritis. Mereka akan mengalami penegangan pembuluh darah yang menciptakan rasa dingin, serta perubahan warna pada tangan dan kaki.

Jika kaki dingin Anda disertai rasa lelah hebat, rasa tidak nyaman di kaki yang tidak kunjung hilang, perubahan berat badan secara mendadak, demam atau nyeri sendiri, Anda perlu segera ke dokter karena bisa saja menderita sesuatu yang serius. ** Baca juga: Alasan Harus Cuci Tangan Pakai Sabun

Namun bagi Anda yang sudah tahu kalau situasinya tidak serius, cukup berpakaian yang hangat tapi jangan terlalu ketat karena bisa menekan sirkulasi darah. Dan, jangan lupa berolahraga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru