Home / Aneka Berita / Sehat / Mandi Malam Tetap Sehat, Begini Aturannya
Ilustrasi/bbs

Mandi Malam Tetap Sehat, Begini Aturannya

Kabar6-Selain menjaga tubuh agar tetap bersih, mandi juga dilakukan untuk membuat pikiran tetap fresh dan menjadikan tubuh bugar. Meski demikian, mandi yang menyehatkan tetap harus dilakukan di waktu yang tepat.

Mandi di pagi hari, melansir Vemale, dipercaya memiliki segudang manfaat sehat buat tubuh. Sedangkan mandi di malam hari, beberapa ahli menyebutkan bahwa ini cukup berbahaya buat kesehatan. Mandi malam hari tetap akan menyehatkan selama itu dilakukan dengan memakai air hangat, tidak dilakukan di waktu yang terlalu malam dan terdapat jeda cukup panjang antara mandi dengan aktivitas tidur.

Dr Dianne Augelli, ahli pada pusat pengobatan tidur di New York, menyebutkan bahwa mandi malam yang sehat adalah mandi malam yang menggunakan air hangat. Mandi ini juga memakai sabun dengan aroma terapi wangi dan menenangkan pikiran. Agar mandi malam lebih sehat, sebaiknya mandi malam ini dilakukan minimal 60 menit sebelum tidur.

Para ahli menyebutkan, semakin jauh jeda antara waktu mandi dan waktu tidur malam, ini akan semakin baik. Dengan jeda waktu yang jauh, tubuh pun dapat memiliki suhu normal yang membuat tidur makin nyaman dan berkualitas. Berbeda jika setelah mandi kita memutuskan untuk tidur. ** Baca juga: Fakta Mengejutkan Tentang Kesuburan Pria

Meski mandi malam tetap menyehatkan selama hal itu dilakukan dengan cara tepat, sebaiknya miliki mandi sebelum pukul 17.00. Mandi lebih awal justru akan lebih sehat dan membuat nyaman. Ini juga sangat memungkinkan Anda untuk mendapatkan waktu tidur lebih cepat dan bangun pagi lebih cepat pula keesokan harinya.(ilj/bbs)

Check Also

Seberapa Efektif Diet Puasa untuk Kesehatan?

Kabar6-Diet puasa (Intermitten fasting) adalah perputaran pola makan kita, di antara waktu makan dan puasa. ...