oleh

Amankah Makanan Sisa Minggu Lalu Dikonsumsi?

Kabar6-Pernahkah secara tidak sengaja Anda menyimpan makanan sisa seminggu lalu? Meskipun kondisinya masih tampak baik, apakah makanan sisa tersebut masih aman untuk dikonsumsi?

Tanda jelas makanan tak lagi layak adalah adanya perubahan fisik antara lain seperti adanya cairan, tampak noda hitam (jamur), atau berbau busuk. Namun, makanan sisa di kulkas yang sudah disimpan berhari-hari bisa saja tampilannya masih bagus, tetapi sebenarnya sudah basi dan tidak aman lagi dikonsumsi.

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), melansir Klikdokter, makanan sisa bisa disimpan di kulkas maksimal empat hari. Namun, Randy Worobo ,Ph.D., profesor mikrobiologi dari Universitas Cornell, Amerika Serikat (AS), mengatakan bahwa makanan sisa bisa bertahan hingga seminggu, tergantung bagaimana makanan tersebut ditangani.

Apabila Anda pernah mengonsumsi makanan sisa yang tersimpan di kulkas entah sudah berapa lama dan tidak mengalami keluhan apa pun, anggap saja Anda sedang beruntung. Pasalnya, makanan yang disimpan di kulkas terlalu lama bisa menyimpan bakteri, umumnya adalah E.coli dan listeria.

Jika Anda mengonsumsi makanan sisa yang usianya lebih dari seminggu dan tidak mengalami sakit misalnya keracunan makanan, bukannya makanan tersebut tidak mengandung bakteri atau kalaupun ada jumlahnya sedikit. Profesor Randy menjelaskan, jumlah mikroorganisme yang bisa membuat Anda sakit bisa berbeda-beda secara drastis. Sebagai contoh, norovirus butuh 1-10 mikroorganisme, sedangkan salmonela butuh 100.000 mikroorganisme untuk infeksi bisa terjadi.

Risiko jatuh sakit akibat makan makanan sisa juga tergolong kecil, asalkan Anda mempersiapkan makanan dengan benar. Selama Anda menghindari kontaminasi silang dan menangani makanan dengan benar sehingga patogen (yang mungkin sudah ada) tidak berkembang biak, beberapa makanan sisa seminggu lalu masih aman dikonsumsi.

Jadi, untuk beberapa jenis makanan disimpan seminggu di kulkas masih aman. Namun, aturan tersebut tidak berlaku pada seafood. Menurut Philip Tierno, PhD., profesor klinis di departemen mikrobiologi dan patologi dari NYU Langone Medical Center, AS, makanan yang paling terkontaminasi serta gampang dan cepat rusak adalah seafood.

FDA sendiri tidak merekomendasikan untuk menyimpan makanan berbahan seafood lebih dari dua hari, kkecuali ikan asap atau smoked fish, yang tidak apa-apa disimpan selama 14 hari di dalam wadah kedap udara.

Jika Anda bertanya-tanya mengapa makanan sisa tidak bertahan lebih lama daripada bahan makanan segar, itu karena bakteri berkembang lebih cepat dalam makanan yang telah dimasak. ** Baca juga: Sit up Tidak Bisa Hilangkan Lemak di Perut?

“Mikroorganisme butuh air, suhu yang tepat, serta keasaman yang tepat untuk berkembang biak,” kata Prof. Randy,. “Jadi jika Anda mencampurkan bahan-bahan kue dengan air dan telur, itu sama saja Anda menyuplai nutrisi untuk patogen.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru