oleh

Alasan Mengapa Tidak Boleh Konsumsi Bagian Bersih dari Roti yang Sudah Berjamur

Kabar6-Kadangkala Anda lupa memiliki persediaan roti tawar dalam lemari, sehingga saat akan dikonsumsi sebagian permukaannya sudah berjamur. Nah, karena tak semua permukaan terkena jamur, Anda berpikir akan memotong bagian yang bersih untuk dimakan.

Padahal, tindakan tersebut bisa menimbulkan masalah kesehatan, lho. Mengapa begitu? Melansir klikdokter, ada sejumlah alasan mengapa tindakan memotong atau membersihkan bagian roti yang berjamur itu salah. Berikut penjelasannya:

1. Akar jamur sudah menyebar
Meski bagian jamur yang berwarna abu-abu pada roti sudah Anda potong atau bersihkan, pada dasarnya akar jamur sudah menyebar. Memang tidak terlihat dengan mata secara jelas, tetapi jamur tetap ada dan tidak boleh sampai tertelan.

2. Tidak gampang hilang meski dipanaskan
Memanaskan bagian roti yang tidak terkena jamur dengan suhu tertentu hanya berlaku untuk bakteri dan virus. Lain halnya dengan roti berjamur, sisa-sisa jamur dan mikotoksin (racun pada jamur) tidak akan mati dan tetap berbahaya bagi manusia.

3. Jamur menyebar spora ke roti lain dalam kemasan yang sama
Dalam satu kemasan roti tawar, biasanya terdapat sepuluh hingga belasan lembar roti. Meski hanya satu lembar yang sudah berjamur, Anda tetap disarankan untuk tidak mengonsumsi sisa roti yang lain. Pasalnya, jamur dapat menyebarkan spora lewat udara dan membuat lembaran roti lainnya terkontaminasi.

4. Bahayanya seperti makan jamur liar
Makan bagian bersih dari roti berjamur ternyata risikonya sama seperti mengonsumsi jamur liar yang Anda temui di pinggir jalan. Mungkin Anda berpikir bahwa keju, tempe, dan kecap juga merupakan produk fermentasi. Lalu, kenapa roti berjamur tak boleh dimakan? Bukankah roti berjamur mirip makanan yang difermentasi?

Ada banyak sekali jenis jamur. Ada yang aman untuk tubuh dan ada yang sangat beracun. Saking banyaknya jenis jamur yang dapat mengontaminasi, kita tidak bisa tahu apakah jamur yang ada di roti aman atau tidak.

5. Sebabkan keracunan makanan dan infeksi mematikan
Makan roti yang sudah berjamur dapat menyebabkan infeksi akibat jamur yang mematikan bernama Zygomycosis atau Mucormycosis. Orang yang mengalaminya bisa kehilangan kemampuan untuk melawan kuman dan penyakit.

Keracunan makanan dengan gejala seperti mual, muntah, nyeri perut, dan diare juga bisa dialami orang-orang yang makan roti berjamur atau bagian bersih dari roti berjamur. ** Baca juga: Yuk, Kalahkan Depresi dengan Makanan

Jadi buang segera roti tawar yang sudah berjamur agar Anda tidak mengalami gangguan kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru