oleh

Yuk, Kalahkan Depresi dengan Makanan

Kabar6-Sebagian orang mencari pelarian dengan mengonsumsi makanan lezat sekaligus berkalori tinggi saat dilanda depresi. Sementara sisanya menghabiskan uang dengan berbelanja, clubbing, atau bahkan mengonsumsi minuman beralkohol.

Sejumlah ‘pelarian’ tersebut tentu saja kurang sehat bagi kesehatan mental Anda. Lantas, bagaimana solusinya? Melansir healthmeup, berikut adalah sejumlah makanan yang dapat mengusir depresi Anda:.

1. Kelapa
Santan kelapa mengandung lemak yang dapat membantu perbaikan jaringan tubuh dan meningkatkan fungsi tubuh. Tetapi jika memakannya terlalu banyak, tentu saja akan menyebabkan peningkatan berat badan, terutama jika tidak diimbangi oleh olahraga yang cukup. jadi, konsumsi secukupnya sebagai olahan makanan atau minuman.

2. Bayam
Bayam merupakan sayuran hijau yang kaya akan manfaat, salah satunya dapat meningkatkan mood Anda menjadi lebih baik. Selain mengandung zat besi, bayam juga mengandung asam folat yang akan meningkatkan sel darah merah dan melindungi tubuh dari penyakit.

3. Telur
Telur sering digunakan untuk membuat kue, dan sering dipakai para olahragawan untuk membangun otot. Telur kaya akan protein, vitamin B, zinc dan omega 3. Telur baik dimakan sebagai sarapan sebagai sumber energi Anda memulai aktivitas. Telur juga menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama sehingga mencegah keinginan untuk terus makan.

4. Gandum utuh
Gandum utuh merupakan karbohidrat baik yang dapat melawan depresi dan kesedihan. Inilah alasan mengapa Anda tidak boleh takut karbohidrat, karena dapat menjadi sumber kebahagiaan.

Karbohidrat dapat mengobati konstipasi dan berperan sebagai sumber energi. Gandum utuh juga mengandung selenium yang dapat melawan radikal bebas dan meningkatkan imunitas.

5. Madu
Madu adalah bahan pengganti gula yang organik. Kandungan dalam madu, yaitu kaempferol dan quercetin, akan meningkatkan daya tahan tubuh dan memberikan nutrisi pada otak. Jika Anda mencelupkan stroberi ke madu, dapat berfungsi sebagai aphrodisiak yang dapat meningkatkan mood untuk bercinta.

6. Keju
Keju jika dikonsumsi dalam jumlah banyak hanya akan membuat gemuk dan juga sulit dicerna. Mengonsumsi keju dengan dosis yang tepat dapat meningkatkan mood Anda menjadi lebih baik. Keju juga mengandung zink yang akan memperbaiki tekstur kulit dan rambut Anda menjadi lebih mulus dan indah.

7. Cokelat hitam
Cokelat hitam dapat berfungsi untuk penurunan berat badan dan bersifat aphrodisiak yang dapat meningkatkan mood untuk bercinta. Jenis makanan ini juga mengandung antioksidan yang akan memperbaiki aliran darah dan mencegah penuaan dini.

Cokelat juga mengandung serotonin, dopamine, dan phenylethylamine yang merupakan neurotransmitter dalam melawan depresi. ** Baca juga: Tidak Hanya Bernutrisi, 3 Makanan Ini Mengandung Banyak Air

8. Kerang
Kerang mengandung zinc, iodine dan selenium yang mendukung kerja dari kelenjar tiroid. Nah, kelenjar tiroid dapat menstimulasi rasa bahagia dan juga bertanggung jawab dalam pengaturan berat badan.

Minimalisir depresi dengan sejumlah makanan yang tepat akan membuat fisik dan mental Anda pun sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru