oleh

Wow, Tiongkok Luncurkan Pesawat Amfibi Terbesar di Dunia

Pesawat amfibi raksasa bernama AG600.(bbs)
Pesawat amfibi raksasa bernama AG600.(bbs)

Kabar6-Pesawat amfibi adalah pesawat yang bisa lepas landas dan mendarat di darat dan air. Beberapa amfibi dilengkapi dengan keels bertulang yang bertindak sebagai skiis, yang memungkinkan mereka untuk mendarat di salju atau es dengan roda mereka dan yang dijuluki tri-phibians.

Sebuah pesawat amfibi adalah pesawat yang memiliki kemampuan sekaligus sebagai pesawat amfibi tetapi juga untuk beroperasi dari landasan seperti pesawat konvensional.

Hal ini dicapai dengan menggunakan pelampung atau lambung untuk penggunaan bawah air, dikombinasikan dengan landing gear untuk digunakan di darat.

Nah, Tiongkok telah meluncurkan pesawat amfibi yang diklaim terbesar di dunia Sabtu lalu. Dalam 20 detik, pesawat ini mampu mengambil 12 ton air yang bisa diandalkan sebagai moda raksasa pemadam kebakaran.
 
Pesawat amfibi raksasa bernama AG600 ini dibangun selama tujuh tahun. Dikutip dari sindonews, pesawat diresmikan di Zhuhai, Provinsi Guangdong Selatan.
 
“Pesawat dapat lepas landas dari darat atau air, dipandang sebagai tonggal penerbangan bagi negara,” demikian laporan kantor berita pemerintah Tiongkok, Xinhua.

Uji coba kehebatan pesawat amfibi raksasa Tiongkok ini akan dimulai dalam beberapa bulan ke depan, dengan melakukan perjalanan non-stop untuk jarak 4,500km (2796 mil), sehingga memungkinkan pesawat tersebut mencapai pulau-pulau sengketa di Laut Tiongkok Selatan dalam waktu singkat.
 
Menurut penciptanya, Korporasi Industri Penerbangan Tiongkok, AG600  adalah kendaraan amfibi pertama Tiongkok. Ditambahkansudah ada 17 pesanan untuk pesawat tersebut. ** Baca juga: Amazing, Google Cardboard Selamatkan Nyawa Seorang Bayi
 
Pesawat AG600 diklaim bisa menyelamatkan 50 orang dalam satu perjalanan. Tiongkok membuat pesawat raksasa ini untuk menghilangkan ketergantungan terhadap perusahaan penerbangan asing.(ilj/bbs)

Berita Terbaru