oleh

Mengapa Kerap Sedih & Marah Usai Bercinta?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Pernahkan Anda merasa sedih dan marah usai bercinta dengan pasangan? Apakah hal ini adalah suatu kelainan? Seberapa sering Anda mengalami kondisi tersebut? Sebuah studi yang dimuat pada Journal of Sexual Medicine, dikutip dari womenshealth, menemukan bahwa banyak wanita mengalami postcoital dysphoria, yakni terjadi perubahan suasana hati yang bisa memicu rasa sedih dan marah.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Berikut uraiannya:
1. Tangisan Anda pecah
Orgasme pada wanita mampu meningkatkan produksi hormon prolaktin, yang menyebabkan air mata mengalir. Jika bercinta membuat Anda menangis, maka pasangan perlu diberitahu, agar si Dia tidak berpikir bahwa sesi bercinta tadi sangat buruk. Demikian dikatakan Kat Van Kirk, Ph.D., sex expert di AdamAndEve.com.

2. Merasa sangat marah
Gejolak hormon yang memicu tangisan sesudah bercinta bisa juga membuat Anda marah. Namun gangguan mental bisa juga menjadi penyebabnya. Kalau Anda sudah membicarakannya dengan pasangan, tapi masih mengalaminya, segera konsultasi dengan terapis.

3. Mengucapkan nama pria lain di depan pasangan
Jika hanya salah ucap sekali tidak masalah, tetapi jika Anda menyebut nama orang lain atau berfantasi tentang mereka berkali-kali, Anda mungkin perlu “tutup buku” dengan orang tersebut. Jika tidak, hubungan Anda dan pasangan akan mengalami masalah. ** Baca juga: Posisi Bercinta Pas Cegah Nyeri

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru