oleh

Waktu Berolahraga Tentukan Cara Tepat Bersihkan Wajah

Kabar6-Menjaga kesehatan dengan berolahraga sekaligus merawat kulit, menjadi dua hal penting yang sebaiknya diperhatikan. Sayangnya, banyak orang yang tidak bisa menjalankan dua hal itu secara bersamaan.

Terkadang usai berolahraga, orang malas merawat kulit wajah. Lantas, bagaimana memperlakukan kulit wajah setelah selesai berolahraga? Melansir Pesona, pilihan waktu berolahraga akan menentukan cara tepat dalam membersihkan wajah, serta ujungnya memberikan hasil berbeda bagi kecantikan Anda. Berikut penjelasannya:

1. Pagi hari
Jangan lupa memberikan sunblock dengan SPF minimal 30+ pada wajah ketika akan menyambut matahari pagi, baik olahraga di dalam studio, maupun hanya jalan pagi.

Sesudahnya, hindari membersihkan wajah menggunakan cleanser, apalagi scrub. Karena, keringat adalah pembersih terbaik. Anda hanya perlu segera membilas wajah usai berolahraga, atau menggunakan micellar water.

Jika kulit terlalu berminyak, dan sepertinya sulit untuk Anda bertahan seharian tanpa mencuci wajah. Anda bisa membersihkan wajah dengan cleanser cukup di bagian T-zone saja. Kondisi kulit yang sedang terbuka pori-porinya akan mempermudah iritasi pada wajah jika Anda tidak berhati-hati.

2. Siang hari
Karena pastinya Anda sudah menggunakan skin care di pagi hari, lebih baik tidak menumpuknya jika Anda berolahraga di siang hari. Beri jeda waktu antara membersihkan wajah dengan berolahraga. Kemudian, bersihkan area T-zone, dan pastikan tangan sudah bersih. Alasannya, pori-pori sedang terbuka, sehingga kulit sangat mudah dimasuki bakteri serta jamur.

3. Malam hari
Hal terpenting ketika Anda berolahraga di malam hari adalah memastikan make-up sudah terhapus sebelum latihan dimulai. Jika tidak, maka riasan dapat meresap di pori-pori dan berpotensi menyumbat pori-pori.

Jika Anda tidak bisa menghindari riasan wajah, maka produk non-comedogenic adalah jalan keluar yang baik. Usai latihan, segera hapus riasan Anda, atau segera bilas jika sudah tidak mengenakan riasan. ** Baca juga: Butuh Berapa Lama Virus Mati Setelah Gunakan Hand Sanitizer?

Jangan lupa untuk membilas wajah dengan air suhu normal atau dingin sebelum mandi dengan air hangat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru