oleh

Usung Konsep GSBM, SDN Pondok Benda 01 Percantik Ruang Kelas

Kabar6-Dalam menciptakan belajar yang menyenangkan, SDN Pondok Benda 01, Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengusung konsep ‘Cinta kebersihan, tanpa menciptakan sampah’ berdasarkan 5 pilar dari Gerakan Sekolah Bersih Menyenangkan (GSBM).

Kelima pilar GSBM tersebut ialah, pertama gerakan sekolah menyenangkan, yaitu untuk menggerakkan sekolah bersih tanpa sampah, sekolah sebagai rumah ke 2 yang indah dan menyenangkan, mendesain ruang kelas yang menyenangkan.

“Me-mural (melukis -red) tembok contohnya, itu untuk mrnciptakan rasa senang terhadap siswa dan betah disekolah,” ujar Adi Jahudi selaku Kepala Sekolah SDN Pondok Benda 01. Rabu (8/1/2020).

Lanjut Adi, pilar kedua adalah Unit Kesehatan Sekolah (UKS) yaitu pihaknya membentuk laskar sehat, mengajak murid-murid jajan menggunakan wadah, adanya dokter kecil.

“Makan bersama 4 sehat 5 sempurna, kantin sehat dengan keamanan pangan, cuci tangan dan periksa gigi, lalu makan pisang bersama,” ungkapnya.

Kemudian pilar ketiga, Adi menjelaskan, pertanian organik sekolah, yaitu adanya taman vertical garden, adanya tanaman obat atau toga sekolah, lanjut ada pengisian ruang-ruang kosong menjadi lebih indah.

“Kolam ikan air wudhu, dan adanya taman sekolah yang indah, hijau, spandukdan menyenangkan. Kemudian pilar keempat yaitu Market Days, dimana hal itu menjadi sarana belajar wirausaha bagi siswa dengan produk lokal,” terangnya.

Adi menjelaskan, pilar terakhir atau pilar 5 adalah Literasi, yaitu adanya laskar pujangga sebagai penggiat ilmu, membuat pojok baca di masing-masing kelas.

**Baca juga: Hujan Ekstrem, Banjir di Tangsel Akibat 9 Titik Tanggul Jebol.

“Management perpustakaan sekolah yang menyenangkan, dan ada waktunya sehari kita belajar di luar kelas,” paparnya.

“Mana mungkin kita berharap surga, kalau kita tidak mau menciptakan percikan-percikan surga di dunia, inilah yang coba kita ciptakan di sekolah,” tutupnya.(eka)

Berita Terbaru