oleh

Universitas Esa Unggul dan KLHK Gelar MoU Penanaman 1000 Pohon

Kabar6-Universitas Esa Unggul bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melaksanakan Gerakan Penanaman Pohon dengan tema Green Campus for a Better Future di kampus Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Selain itu, mereka juga menggelar Memorandum of Understanding (MoU) dalam gerakan penanaman 1000 pohon tersebut.

Acara ini diprakarsai oleh Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya yang ke-47 tahun. Gerakan Penanaman Pohon ini turut melibatkan peserta didik, Pendidik dan Tenaga Kependidikan Universitas Esa Unggul, KLHK, dan IWAPI.

Rektor Universitas Esa Unggul (UEU), Dr. Ir. Arief Kusuma Among Praja, mengatakan, program ini sangat baik untuk mewujudkan kampus yang asri, memaksimalkan lokasi resapan air, selain menumbuhkan rasa tanggung jawab peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan Universitas Esa Unggul untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Arief mengatakan, gagasan penanaman pohon ini berangkat dari kesadaran UEU mengenai kondisi alam yang membutuhkan sentuhan perbaikan. Menurutnya, pemanasan global, lapisan ozon yang rusak, serta masalah-masalah lingkungan lainnya bisa direduksi jika ada kesadaran dari manusia.

“Kami Universitas Esa Unggul ingin memberikan kontribusi dengan penanaman pohon. Salah satu upaya kecil yang kami harap dampak positifnya muncul bertahun-tahun kemudian saat pohon-pohon ini sudah besar,” ujar Arief dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/2/2022).

Arief menjelaskan, kontribusi UEU sendiri tak cuma lewat penanaman pohon. Jauh sebelum itu, pihaknya telah menerapakan sejumlah sistem yang bertujuan untuk kebaikan lingkungan.

“Seperti contohnya daur ulang air limbah. Di kampus-kampus kami sudah menerapkan ini sebagai sistem yang kami kembangkan dari hasil penelitian-penelitian kami,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia Fadel Muhammad yang hadir saat penandatanganan MoU mengapresiasi langkah kampus dan KLHK yang berkolaborasi dalam menanam pohon ini.

**Baca juga: Warga Keluhkan Sampah Berserakan Dekat Kantor DLH

**Cek Youtube: Pedes! Bahas Rencana Pemekaran Tangerang Utara

“Kami mendukung sepenuhnya. Universitas Esa Unggul contoh bahwa memang kampus selain harus terus kreatif dengan inovasi-inovasinya juga peduli dengan lingkungan,” katanya.

Rangkaian acara ini turut dihadiri Wakil Ketua MPR RI, Prof.Dr.Ir. Fadel Muhammad Al-Haddar, Dirjen Pengelolaan DAS dan Kehutanan, KLHK .Dyah Murtiningsih.,M.Hum, Ketua Umum IWAPI Ir.NitaYudhi.,MBA, Wakil ketua Umum V IWAPI, Hana Hassanah Fadel Muhammad, tokoh perempuan nasional Dr.Dewi Motik Pramono,M.Si, serta para pimpinan Universitas Esa Unggul. (Oke)